Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Merugi, Laba Bersih Marein Tumbuh 25 Persen di Kuartal-I 2022

Kompas.com - 24/06/2022, 15:05 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk (Marein) mencetak laba bersih sebesar Rp 48,5 miliar pada kuartal I-2022.

Angka ini naik sebesar 25 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 38,8 miliar.

Padahal pada akhir 2021, Marein justru mencetak kerugian sebesar Rp 291 miliar.

Baca juga: Radana Finance Catat Pertumbuhan Laba Bersih 24 Persen di Kuartal I 2022

Presiden Direktur Marein Yanto Jayadi Wibisono mengatakan, raihan laba yang sudah positif ini dikarenakan klaim Covid-19 dari lini bisnis reasuransi jiwa sudah mulai mereda.

"Perseroan secara aktif melakukan analisis risiko terkait eksposur bisnis yang dimiliki terutama di tengah situasi pandemi Covid-19 dan perekonomian global yang penuh dengan ketidakpastian ini," kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Kompas.com Jumat (24/6/2022).

Ia menambahkan, perseroan juga mengambil langkah antisipatif atas dampak pandemi dengan melakukan optimalisasi arus kas dan peningkatan cadangan.

Hal tersebut termasuk menjaga komunikasi dengan seluruh stakeholders, serta menerapkan praktik customer oriented untuk tetap memberikan layanan yang optimal dalam rangka menjaga kepercayaan nasabah.

Baca juga: PT Bukit Asam Bagikan 100 Persen Laba Bersih 2021 sebagai Dividen

Sedikit catatan, Marein tidak mengalami penurunan terhadap rating perseroan dari Fitch Ratings, yaitu AA- untuk rating Indonesia dan BB+ untuk rating Internasional.

Di sisi lain, Yanto memerinci, pada tahun 2021 perusahaan mengalami penurunan pendapatan premi bruto sebesar 3,1 persen atau sebesar Rp 82 miliar dari Rp 2,6 triliun pada tahun 2020 menjadi Rp 2,5 triliun pada tahun 2021.

Ia membeberkan, hal ini dikarenakan adanya penurunan kinerja operasional dari portofolio bisnis reasuransi jiwa.

Namun demikian, di sisi lain terdapat kenaikan hasil investasi sebesar 42,2 persen atau menjadi Rp 165,4 miliar dibandingkan tahun 2020 sebesar Rp 116,3 miliar.

“Berbagai langkah-langkah strategis telah dilakukan manajemen agar Marein tetap dapat mempertahankan pencapaian rasio-rasio keuangan yang baik dan sehat. Tingkat solvabilitas perseroan pada tahun 2021 tercatat sebesar 239 persen, di atas batas yang ditetapkan regulator,” tandas dia.

Baca juga: Naik 50 Persen, Laba Astra Financial Capai Rp 1,5 Triliun pada Triwulan-I 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com