Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bandara Angkasa Pura I Telah Memberangkatkan 39.296 Calon Jemaah Haji Selama 4-8 Juni 2022

Kompas.com - 01/07/2022, 10:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat telah memberangkatkan 39.296 calon jemaah haji dengan total 101 kelompok terbang (kloter) periode 4-28 Juni 2022 melalui 6 bandara embarkasi yang dikelolanya.

Terdapat 6 bandara yang dikelola Angkasa Pura I yang melayani embarkasi haji pada tahun ini yaitu Bandara Juanda Surabaya, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

Baca juga: Terlilit Utang Menggunung, Ini Strategi Angkasa Pura I untuk Bertahan

Adapun bandara yang melayani calon jamaah haji terbanyak ialah Bandara Juanda Surabaya yakni 14.563 calon jemaah haji dari 33 kloter.

Kemudian, Bandara Adi Soemarmo Surakarta telah memberangkatkan sebanyak 12.911 calon jemaah haji dari 36 kloter dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sebanyak 5.497 calon jemaah haji dari 14 kloter.

Sementara, untuk Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin telah memberangkatkan 2.480 calon jemaah haji dari 7 kloter, Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok sebanyak 2.060 calon jemaah haji dari 6 kloter, dan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan sebanyak 1.785 calon jemaah haji dari 5 kloter.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan untuk Biaya Ibadah Haji

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah untuk memastikan operasional dan pelayanan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Adapun langkah-langkah tersebut seperti melakukan penyesuaian jam operasi bandara, memastikan kesiapan personel, serta menyiapkan peralatan keamanan penerbangan di Asrama Haji seperti X-Ray Bagasi dan Kabin, Cyber Light, Under Mirror, Walk Through Metal Detector (WTMD), Hand Held Metal Detector (HHMD), hingga menyiagakan kendaraan pengamanan untuk mendampingi bus calon jemaah haji menuju airside.

"Kami bersyukur proses pelayanan embarkasi bagi calon jemaah haji di 6 bandara yang kami kelola sampai saat ini berjalan lancar dan aman," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (30/6/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com