6 Bandara Angkasa Pura I Telah Memberangkatkan 39.296 Calon Jemaah Haji Selama 4-8 Juni 2022

Kompas.com - 01/07/2022, 10:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat telah memberangkatkan 39.296 calon jemaah haji dengan total 101 kelompok terbang (kloter) periode 4-28 Juni 2022 melalui 6 bandara embarkasi yang dikelolanya.

Terdapat 6 bandara yang dikelola Angkasa Pura I yang melayani embarkasi haji pada tahun ini yaitu Bandara Juanda Surabaya, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

Baca juga: Terlilit Utang Menggunung, Ini Strategi Angkasa Pura I untuk Bertahan

Adapun bandara yang melayani calon jamaah haji terbanyak ialah Bandara Juanda Surabaya yakni 14.563 calon jemaah haji dari 33 kloter.

Kemudian, Bandara Adi Soemarmo Surakarta telah memberangkatkan sebanyak 12.911 calon jemaah haji dari 36 kloter dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sebanyak 5.497 calon jemaah haji dari 14 kloter.

Sementara, untuk Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin telah memberangkatkan 2.480 calon jemaah haji dari 7 kloter, Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok sebanyak 2.060 calon jemaah haji dari 6 kloter, dan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan sebanyak 1.785 calon jemaah haji dari 5 kloter.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan untuk Biaya Ibadah Haji

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah untuk memastikan operasional dan pelayanan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Adapun langkah-langkah tersebut seperti melakukan penyesuaian jam operasi bandara, memastikan kesiapan personel, serta menyiapkan peralatan keamanan penerbangan di Asrama Haji seperti X-Ray Bagasi dan Kabin, Cyber Light, Under Mirror, Walk Through Metal Detector (WTMD), Hand Held Metal Detector (HHMD), hingga menyiagakan kendaraan pengamanan untuk mendampingi bus calon jemaah haji menuju airside.

"Kami bersyukur proses pelayanan embarkasi bagi calon jemaah haji di 6 bandara yang kami kelola sampai saat ini berjalan lancar dan aman," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (30/6/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.