PT Wismatata Eltrajaya Ungkap Pentingnya Pemeliharaan dan Perbaikan Trafo Listrik

Kompas.com - 12/07/2022, 22:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Wismatata Eltrajaya (WEJ), perusahaan di bawah naungan Wisma Group yang bergerak di bidang pemeliharaan dan perbaikan trafo listrik (power transformer), menyelenggarakan Seminar Teknik dan Mini Exhibition tentang Transformator bertajuk “Berbagi untuk Maju Bersama” di Ballroom Holiday Inn, Cikarang, Bekasi, Selasa (12/7/2022).

Chief Executive Officer (CEO) Wisma Group Tjahjadi Aquasa mengatakan, seminar teknik tentang trafo ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang transformator bagi para insan trafo (Pahlawan Trafo) yang selama ini telah mendedikasikan dirinya dalam pengembangan trafo.

Para Pahlawan Trafo ini mencakup individu, akademisi, produsen, vendor, penyedia jasa pemeliharaan dan perbaikan trafo, pengguna trafo baik perusahaan swasta maupun PT PLN (Persero) serta pemangku kepentingan lain.

Baca juga: Luhut Usulkan Kendaraan Listrik Beroperasi di Lokasi Destinasi Wisata

“Seminar ini mengupas berbagai hal tentang trafo mulai dari jenis dan kualitas, teknik pemeliharaan dan perbaikan trafo, peralatan uji trafo, pengujian (testing) pelumas trafo, hingga material trafo (transformer)," ujar dia dalam siaran pers, Selasa (12/7/2022).

"Kami berharap seminar ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi para Pendekar Trafo sehingga semuanya bisa maju bersama. Peserta juga bisa melihat langsung berbagai hal terkait trafo di booth mini exhibition,” imbuh dia.

Sementara itu, Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan PT PLN (Persero) Wiluyo Kusdwiharto mengungkapkan, transformator (transformer) menjadi bagian penting dalam sistem ketenagalistrikan, yaitu sistem distribusi tenaga listrik dari hulu (pembangkitan) sampai hilir (pengguna) baik rumah tangga, gedung perkantoran, pabrik, dan pengguna lainnya.

Ia menjelaskan, dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030, pertumbuhan listrik diproyeksikan 4,9 persen dengan penambahan kapasitas pembangkit 40.575 megawatt (MW), transmisi 47.723 kms, dan Gardu Induk 76.662 MVA.

Baca juga: Blue Bird Ungkap Kendala Penambahan Armada Taksi Listrik

Total rencana pembangunan Gardu Induk periode 2021-2030 sebesar 76.662 MVA. Sedangkan, total rencana pembangunan gardu distribusi sebesar 31.095 MVA.

CEO Wisma Group sekaligus Ketua Umum Himpunan Kontraktor Ketenagalistrikan dan Mekanikal Indonesia (HIKKMI) Tjahjadi Aquasa menambahkan, para pelaku usaha di bidang transformator siap mendukung PLN dalam memperkuat keandalan sistem ketenagalistrikan di Tanah Air.

Tjahjadi menjelaskan, trafo merupakan bagian vital dalam ketenagalistrikan.

“Trafo ini ibarat jantung dalam tubuh manusia. Kemudian pelumas [oli] seperti darahnya. Jika trafo tidak dipelihara dengan baik, kemudian terjadi kerusakan, maka sistem ketenagalistrikan akan terganggu," ungkap dia.

"Kemudian untuk mengecek kondisi trafo dapat dilakukan melalui testing pelumasnya, sehingga dapat diketahui kondisi trafo tersebut, seperti halnya darah pada tubuh manusia,” tutupnnya.

Baca juga: Cara Dapat Kompensasi Mati Listrik hingga Rp 300.000

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.