Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Kabar MUFG Akuisisi Bank Panin, Begini Respons Danamon

Kompas.com - 14/07/2022, 20:16 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Induk usaha dari PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) asal Jepang, Mitsubishi UFJ Financial Grop Inc (MUFG), dikabarkan akan mengakuisisi saham Bank Panin.

Merespons kabar tersebut, Wakil Direktur Utama Danamon Hafid Hadeli mengatakan enggan memberikan banyak pernyataan. Sebab kata dia, hal tersebut menjadi kebijakan MUFG.

"Entah apa yang dilakukan oleh induk perusahaan. Jadi kami tidak bisa banyak berkomentar," ucapnya ditemui di Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Baca juga: Erick Thohir: Sarinah Dikunjungi 5 Juta Orang sejak Dibuka Kembali

Dikutip dari pemberitaan Kontan, grup keuangan Jepang, Mitsubishi UFJ Financial Group Inc, dikabarkan tertarik menjajaki akuisisi saham Bank Panin.

Kabar rencana MUFG mengakuisisi Bank Panin ini dilaporkan Bloomberg pada Rabu (13/7/2022). Sumber yang mengetahui hal itu mengatakan ketertarikan MUFG sejalan dengan upayanya memperkuat posisi di Indonesia.

MUFG kabarnya berencana menggabungkan Panin Bank dengan bisnis perbankannya yang sudah ada di Indonesia saat ini yakni Bank Danamon sebagai bagian dari kesepakatan.

Baca juga: Danamon Mengaku Tidak Tutup Kantor Cabang meski Ada Tren Transaksi Digital

Ketertarikan MUFG mengakuisisi Bank Panin muncul karena keluarga Gunawan yang menguasai sekitar 46 persen saham bank tersebut, turut membuka diri seiring kerja sama dengan penasihat keuangan untuk mengeksplorasi opsi kepemilikannya.

Pemegang saham terbesar Bank Panin telah menerima minat awal dari pembeli, termasuk pemberi pinjaman regional lainnya yang ingin berekspansi di Asia Tenggara serta investor lokal.

Baca juga: Jokowi Berencana Tambah Dana Bansos, Kemenkeu: Belum Ada Arahan Jelas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com