Soal Kabar MUFG Akuisisi Bank Panin, Begini Respons Danamon

Kompas.com - 14/07/2022, 20:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Induk usaha dari PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) asal Jepang, Mitsubishi UFJ Financial Grop Inc (MUFG), dikabarkan akan mengakuisisi saham Bank Panin.

Merespons kabar tersebut, Wakil Direktur Utama Danamon Hafid Hadeli mengatakan enggan memberikan banyak pernyataan. Sebab kata dia, hal tersebut menjadi kebijakan MUFG.

"Entah apa yang dilakukan oleh induk perusahaan. Jadi kami tidak bisa banyak berkomentar," ucapnya ditemui di Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Baca juga: Erick Thohir: Sarinah Dikunjungi 5 Juta Orang sejak Dibuka Kembali

Dikutip dari pemberitaan Kontan, grup keuangan Jepang, Mitsubishi UFJ Financial Group Inc, dikabarkan tertarik menjajaki akuisisi saham Bank Panin.

Kabar rencana MUFG mengakuisisi Bank Panin ini dilaporkan Bloomberg pada Rabu (13/7/2022). Sumber yang mengetahui hal itu mengatakan ketertarikan MUFG sejalan dengan upayanya memperkuat posisi di Indonesia.

MUFG kabarnya berencana menggabungkan Panin Bank dengan bisnis perbankannya yang sudah ada di Indonesia saat ini yakni Bank Danamon sebagai bagian dari kesepakatan.

Baca juga: Danamon Mengaku Tidak Tutup Kantor Cabang meski Ada Tren Transaksi Digital

Ketertarikan MUFG mengakuisisi Bank Panin muncul karena keluarga Gunawan yang menguasai sekitar 46 persen saham bank tersebut, turut membuka diri seiring kerja sama dengan penasihat keuangan untuk mengeksplorasi opsi kepemilikannya.

Pemegang saham terbesar Bank Panin telah menerima minat awal dari pembeli, termasuk pemberi pinjaman regional lainnya yang ingin berekspansi di Asia Tenggara serta investor lokal.

Baca juga: Jokowi Berencana Tambah Dana Bansos, Kemenkeu: Belum Ada Arahan Jelas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.