Kementerian ESDM Targetkan Konversi 1.000 Motor Listrik di Tahun Ini

Kompas.com - 22/07/2022, 12:00 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan tahun ini akan mengkonversi 1.000 motor dengan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke motor listrik. Di tahun 2021, sudah ada 100 sepeda motor yang dilakukan konversi.

Direktur Konservasi Energi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE), Kementerian ESDM Luh Nyoman Puspa Dewi mengatakan, hal ini dilakukan Kementerian ESDM untuk memberi contoh kepada masyarakat agar tercipta pasar sepeda motor listrik.

“Tahun 2021 Kementerian ESDM telah melakukan konversi motor BBM ke listrik sebanyak 100 unit dan itu dilakukan oleh Kementerian ESDM dari motor-motor yang dimiliki oleh Kementerian ESDM, tahun ini kita melangkah ke 1.000 unit,” kata Puspa dalam siaran pers, Kamis (21/7/2022).

Baca juga: Percepat Konversi Motor BBM ke Listrik, ESDM, PLN, dan Pertamina Berkolaborasi

Puspa menambahkan, komitmen tersebut diputuskan melalui rapat Koordinasi Pilot Project Program Konversi 1.000 Unit Sepeda Motor BBM Ke Listrik. Rapat juga membahas berbagai tantangan serta solusi dalam mencapai target yang telah ditetapkan.

“Sebagai katalisator Program Konversi Sepeda Motor BBM Ke Listrik, Kementerian ESDM berupaya untuk menuju net zero emission tahun 2060, program ini juga untuk mengurangi besarnya beban subsidi BBM yang harus ditanggung negara,” tambah dia.

Baca juga: Ini Biaya untuk Konversi Motor Mesin Konvensional ke Listrik

Kerja sama dengan bengkel dan produsen komponen

Saat ini juga Kementerian ESDM telah bekerja sama dengan bengkel-bengkel Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk melakukan pelatihan konversi motor BBM ke listrik. Kerja sama dengan produsen komponen juga dilakukan untuk mendapatkan harga komponen yang ekonomis.

"Setidaknya 50 bengkel UKM telah dilatih untuk program konversi 1.000 unit motor untuk tahun ini,” ujar dia.

Untuk mendapatkan nilai keekonomian komponen, Kementerian ESDM juga telah menjalin kerja sama dengan produsen komponen seperti PT Chengko Harapan Nusantara, PT Baja Elektrik Motor dan PT Industri Battery Indonesia.

“Dengan kerja sama ini diharapkan dapat melokalisasi komponen konversi dengan nilai keekonomian yang terjangkau," jelasnya.

Baca juga: Konversi Motor Listrik Disebut Tawarkan Keuntungan Berlipat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.