Kompas.com - 29/07/2022, 20:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang sejumlah relawan dan loyalisnya ke Istana Bogor, Jawa Barat, hari ini (29/7/2022). Salah satu yang datang diundang Jokowi adalah Ketua Umum Relawan Buruh Sahabat Jokowi Andi Gani Nena Wea.

Pertemuan dengan Presiden diketahui berlangsung tertutup hampir 3 jam. Andi Gani mengatakan, ada banyak hal yang disampaikan Jokowi kepada para loyalisnya.

"Ada beberapa masalah yang dibahas terutama di dalam negeri bagaimana kondisi politik, dan ekonomi global," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat.

Baca juga: Alasan Utama Jokowi Dulu Pilih China: Janjikan Kereta Cepat Tanpa APBN

Jokowi, lanjut Andi Gani, juga menyampaikan ancaman resesi global kepada para relawannya. Oleh sebab itu, Kepala Negara meminta kepada relawan dan loyalisnya yang hadir untuk bekerja sama ketika menghadapi resesi.

"Presiden juga menyampaikan kondisi resesi ekonomi melanda puluhan negara dan harus ada kerja kegotongroyongan rakyat dalam menghadapi ancaman resesi global tersebut," katanya.

Dalam pertemuan tertutup tersebut sempat disinggung juga mengenai tahun politik serta pemilihan presiden (pilpres). Kepada relawan dan loyalisnya, Jokowi meminta untuk tidak terburu-buru menyampaikan sikap politik terkait Pilpres 2024.

Baca juga: Luhut Pastikan Tidak Ada Proyek Mangkrak Sampai Pemerintahan Jokowi Berakhir

"Presiden menyampaikan kepada kami untuk tidak terburu-buru menyampaikan sikap politik," ungkap Andi Gani yang juga Ketua Umum KSPSI ini.

Selain Andi Gani, ada sejumlah pimpinan relawan Jokowi yang hadir atau dipanggil oleh Presiden ke Istana Bogor, di antaranya Ketua Umum Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) Kris Budihardjo, Sekretaris Jenderal Projo Handoko.

Kemudian, hadir juga Ketua Umum Badan Relawan Jalan Perubahan (Bara JP) Utje Gustaaf, Posko Perjuangan Rakyat (Pospera), dan Persatuan Nasional Aktivis 98 (Pena 98).

Baca juga: Jokowi Minta Pelaku UMKM Sasar Pasar Ekspor dan Manfaatkan KUR

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.