CEO adalah Jabatan Tertinggi Perusahaan, Apa Saja Tugasnya?

Kompas.com - 03/08/2022, 11:16 WIB

KOMPAS.com - Chief Executive Officer atau CEO adalah jabatan tertinggi dalam jajaran manajemen perusahaan. CEO adalah penentu jalan hidup matinya sebuah perusahaan.

Di Indonesia, istilah yang sama dengan CEO adalah sama dengan direktur utama (dirut) atau juga kerap disebut presiden direktur.

Perusahaan yang sukses tentunya memiliki seorang CEO yang hebat dan berbakat. Ini karena CEO bertanggung jawab atas semua area bisnis perusahaan.

Karena merupakan pemimpin tertinggi dalam organisasi, itu sebabnya hanya ada satu orang CEO dalam sebuah perusahaan. Sementara posisi direktur lainnya, bisa dijabat oleh beberapa orang.

Baca juga: Perbedaan CEO, COO, CFO, CTO, dan CMO dalam Perusahaan

CEO adalah pemimpin tertinggi perusahaan

Dikutip dari Investopedia, CEO adalah jabatan pemimpin perusahaan yang dipilih oleh pemegang saham atau pemilik perusahaan.

Untuk perusahaan level besar, CEO adalah jabatan yang dipilih oleh dewan komisaris yang merupakan wakil dari pemegang saham.

Meski CEO adalah pemimpin tertinggi di semua perusahaan, tugas dan tanggung jawabnya bisa berbeda-beda untuk masing-masing perusahaan.

Beberapa faktor yang mempengarugi tugas dan tanggung jawab seorang CEO adalah besar kecilnya perusahaan, struktur organisasinya, budaya dan kebiasaan perusahaan, hingga campur tangan pemegang saham.

Sebagai contoh, pada perusahaan besar, tugas CEO adalah biasanya hanya berurusan dengan keputusan strategis tingkat tinggi dan semua hal terkait pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan.

Baca juga: Ini Rekor Transaksi Jual Beli Tanah Terluas dalam Sejarah

Dalam sebuah perusahaan besar, tugas CEO adalah berfokus pada merencanakan strategi bisnis dan menentukan keputusan operasional manajemen tingkat atas.

tugas CEO adalah memastikan perusahaan menghasilkan keuntungan maksimal bagi pemegang saham.SHUTTERSTOCK tugas CEO adalah memastikan perusahaan menghasilkan keuntungan maksimal bagi pemegang saham.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.