Sandiaga Uno Dukung Mahasiswa Berwirausaha untuk Cetak Lapangan Kerja Baru

Kompas.com - 04/08/2022, 11:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama Yayasan Indonesia Setara memberikan pelatihan kewirausahawan dan optimasi penjualan melalui digital marketing kepada Mahasiswa Universitas Prof. Dr. Hazairin, Bengkulu.

Tujuannya, memotivasi mahasiswa agar dapat membuka peluang usaha untuk berwirausaha.

Sandiaga Uno mengatakan, pelatihan ini mampu menciptakan ekonomi yang lebih kuat dengan terbukanya lapangan kerja baru. Hal ini mendorong mahasiswa untuk melek digital secara efektif dalam meningkatkan komunikasi modern.

Baca juga: Dulu Andalkan Pinjol untuk Modal, Seniman Ini Dapat Bantuan Mesin Laser Ukir dari Sandiaga Uno

"Kami memberikan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan kepada mahasiswa dalam mengakses usaha-usaha dibidang kuliner maupun ekonomi kreatif," kata dia di Universitas Prof. Dr. Hazairin, Bengkulu, dalam siaran pers dikutip Kamis (4/8/2022)

Ia menambahkan, pelatihan ini berkolaborasi dengan Small Enterprise Hub (SMEsHub) Indonesia untuk meningkatkan digitalisasi UMKM millenial. Selain itu, peserta terbaik akan dibimbing hingga diberikan bantuan modal usaha.

"Kemenparekraf berkolaborasi dengan SMEsHub untuk menggandeng seluruh pihak agar meningkatkan digitalisasi dari UMKM anak-anak muda dengan program pendampingan hingga akses pembiayaan," ungkap Sandiaga Uno.

Baca juga: Ini 3 Kunci untuk Membangkitkan Ekonomi Indonesia Versi Sandiaga Uno

Sementara itu Founder dan CEO SMEsHub Indonesia Lutpi Ginanjar mengakui Sandiaga peduli terhadap perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, Sandiaga mengajak millenial untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

"Saya menilai Pak Sandi sosok yang sangat peduli terhadap kemajuan anak muda, UMKM, dan juga membuat pengusaha-pengusaha jadi tumbuh. Pak Sandi juga memiliki spirit luar biasa dalam menciptakan lapangan kerja tahun ini 1,1 juta maka tahun 2024 mendatang akan 4,4 juta," ujar Lutpi.

Pada pelatihan ini mahasiswa pelaku usaha dapat mengoptimalkan media sosial untuk pemasaran.

Mahasiswa didorong memiliki kemampuan menciptakan konten yang orisinil dan relevan. Selain itu, dibutuhkan pula interaksi media sosial yang aktif untuk merespons pembeli dengan lebih baik. 

Baca juga: Pelaku Pariwisata Labuan Bajo Mogok Beroperasi, Sandiaga: Kita Duduk Bersama Cari Solusi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.