Kantor KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin Pindah ke Daerah Penyangga IKN Nusantara

Kompas.com - 04/08/2022, 20:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka peningkatan pelayanan publik, para pegawai Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru-Batulicin resmi menempati kantor baru yang terletak di Jalan Raya Batulicin No. KM. 04 Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Dalam sambutannya Direktur Jenderal Perhubungan LautmArif Toha mengatakan, Kantor KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktoral Jenderal Perhubungan Laut yang berada di antara 2 kabupaten yaitu Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru.

Di mana letak kedua kabupaten tersebut akan menjadi penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

"Dengan menempati Gedung Kantor Baru ini diharapkan KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada seluruh pengguna jasa transportasi laut, sehingga tercipta keselamatan pelayaran dengan aman dan nyaman," kata Arif Toha dalam keterangan tertulis, Kamis (4/8/2022).

Baca juga: GudangAda Luncurkan GudangAda Solusi, Ini Manfaatnya

Arif juga mengatakan, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, baik melalui pembangunan infrastruktur seperti gedung perkantoran maupun fasilitas pelabuhan guna menjamin keselamatan pelayaran sebagai tugas pokok Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

"Dengan adanya suasana baru pada Gedung kantor ini, tentunya akan menambah semangat dan kinerja para pegawai Kantor KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin karena para pegawai dapat bekerja lebih optimal dan profesional, dengan tetap menjunjung tinggi integritas, melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku," sambungnya.

Arif bilang, transportasi laut menjadi andalan utama masyarakat dalam pergerakan ekonomi, membuka konektivitas, serta memperlancar arus distribusi barang dan orang.

Baca juga: OJK: Hingga Juni 2022, Fintech P2P Lending Salurkan Pembiayaan Rp 52,92 Triliun

Untuk itu, dia meminta agar jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut bersama dengan UPT di seluruh Indonesia harus terus berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik, mendukung terciptanya keselamatan dan keamanan pelayaran bagi masyarakat pengguna jasa transportasi laut.

"Keselamatan dan keamanan pelayaran harus tetap dijaga agar terus berjalan dengan baik, aman, lancar dan selamat dengan biaya yang terjangkau," tuturnya.

Selanjutnya Bupati Tanah Bumbu H.M. Zairullah Azhar pada kesempatan ini juga menyampaikan, Kabupaten Tanah Bumbu sebagai salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan, memiliki potensi sumber daya kemaritiman yang cukup besar.

Baca juga: Pesan Menaker untuk Masyarakat Sekitar IKN: Jangan Hanya Jadi Penonton

"Beberapa potensi tersebut di antaranya adalah Pelabuhan Speed Boat Simpang Empat yang digunakan untuk penyeberangan penumpang antar Kabupaten Tujuan Batulicin ke Kotabaru, dan Pelabuhan Ferry menghubungkan kabupaten Tanah Bumbu dengan Kabupaten Kotabaru, dan tujuan ke Sulawesi Selatan" kata Zairullah.

Selain itu, lanjutnya juga ada pelabuhan samudera, pelabuhan penyeberangan yang menghubungkan antar provinsi, melayani penumpang tujuan Sulawesi, Jawa dan daerah lainnya di timur Indonesia, serta pelabuhan khusus batu bara.

Oleh karena itu, pihaknya sangat mendukung dan berterima kasih atas peresmian Gedung Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Kotabaru-Batulicin, karena akan mendukung transportasi laut menjadi faktor terbesar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan geliat pertumbuhan ekonomi daerah.

Baca juga: Susun Peta Peluang Investasi, Pemerintah Fokus ke 22 Proyek Prioritas

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.