Arti Kebingungan Menkeu atas Prestasi RI di ASEAN Para Games 2022

Kompas.com - 07/08/2022, 13:58 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia menjadi juara umum ASEAN Para Games 2022 dengan perolehan 419 medali. Dilansir dari laman resmi ASEAN Para Games 2022 pada Sabtu (6/8/2022), total 1.193 medali telah dibagikan kepada 11 negara peserta.

Adapun kontingen Indonesia, secara perhitungan ada diperingkat pertama dengan total 419 medali. Perolehan medali tersebut terdiri dari 171 emas, 138 perak, dan 110 perunggu. Jumlah medali emas ini lebih tinggi dari proyeksi awal, yakni 104 medali.

"Kenapa 104? Kami membuat prediksi yang tidak terlalu tinggi karena kami berhati-hati, seluruh negara Asia Tenggara pembinaan sudah maju," ujar Ketua Kontingen atau CdM Indonesia, Andi Herman, Jumat (5/8/2022).

Baca juga: Sri Mulyani Andalkan PNBP Sumber Daya Alam Dorong Pemulihan Ekonomi

Menkeu Bingung

Banyaknya jumlah atlet yang menyabet medali di ASEAN Para Games 2022 membuat Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani bingung. Sebab pengeluaran untuk bonus akan membengkak lebih besar dari dugaan.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua NPC Indonesia Sanny Marbun.

"Kemarin, Bu Sri Mulyani telpon pak menteri (Zainudin Amali), 'wah, gila. Banyak bohongnya'," kata dia saat acara syukuran kontingen Indonesia di Best Western Hotel Solo Baru, Sabtu (6/8/2022).

Baca juga: Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2022, Erick Thohir: Fisik Bukan Batasan untuk Berjuang

"Jangan bohong lagi ya, lain kali jangan bohong. Kita jadi sulit nyiapin uang keringat, pengganti uang keringat," cerita Sanny Marbun menirukan kata-kata Menkeu.

Seperti diketahui, jumlah peraih medali menentukan jumlah bonus yang harus diberikan negara. Dengan lebih tingginya jumlah peraih medali dari perkiraan awal, maka bonus yang harus dikucurkan juga lebih besar dari anggaran semula.

Asal tahu saja, jumlah bonus yang diberikan kepada atlet ASEAN Para Games 2022 disebut tidak akan berbeda dengan peraih medali di perhelatan SEA Games 2021.

Baca juga: Platform Judi Online Diduga Terdaftar di PSE Kominfo, Stafsus Menkeu: Bisa Dipungut Pajak...

Mengacu pada SEA Games 2021, pemerintah menganggarkan dana total senilai Rp 130,5 miliar untuk bonus atlet. Rinciannya, Rp 500 juta buat peraih medali emas tunggal dan Rp 400 juta buat ganda.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.