Nielsen: Belanja Iklan Naik 7 Persen di Semester I-2022, TV Masih Mendominasi

Kompas.com - 11/08/2022, 16:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Angka belanja iklan semester pertama 2022 mencatatkan kenaikan 7 persen dibandingkan periode sebelumnya.

Director Client Lead Nielsen Indonesia Selly Putri mengatakan, total belanja iklan selama semester pertama 2022 mencapai Rp 135 triliun berdasarkan gross rate card.

Selly mengatakan, berdasarkan laporan Nielsen Ad Intel, TV masih mendominasi dengan porsi belanja iklan mencapai Rp 107,5 triliun.

"Kemudian diikuti digital yang meningkat 15,2 persen dengan kenaikan lebih dari 6 persen dengan belanja iklan mencapai Rp 20,5 triliun. Namun, terjadi kontraksi pada media cetak 4,8 persen dan radio 0,3 persen," kata Selly di Millenium Centennial Center, Karet Kuningan, Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Belanja Iklan Fintech di RI Tertinggi se-Asia Tenggara dan Pakistan, Mencapai Rp 6,7 Triliun pada 2021

Selly mengatakan, terdapat 5 kategori pembelanja iklan terbesar selama semester I-2022 yaitu pertama, layanan online dengan total belanja iklan hingga 69 persen atau sebesar Rp 28,5 triliun.

Kedua, hair care dengan pertumbuhan 20 persen dengan total belanja iklan sebesar Rp 6,9 triliun. Ketiga, facial care dengan total belanja iklan sebesar Rp 6,5 triliun.

Keempat, seasoning and condiments dengan total belanja iklan sebesar Rp 4,5 triliun dan kelima adalah government and politic organization dengan total belanja Rp 4,4 triliun.

"Secara umum, layanan online, hair care, facial care, seasoning and condiments, dan governments and political organization mengambil porsi sebesar 35 persen dari total angka belanja iklan," ujarnya.

Selly mengatakan, pihaknya juga mencatat beberapa kategori yang mengalami penurunan belanja ikan yaitu, peralatan komunikasi (communication equipment) dan minuman sehat (health drink).

Keduanya mengalami penurunan masing-masing 28 persen dan 20 persen.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.