Harga Ayam Turun, Mendag Zulhas: Saya Tidak Terlalu Senang, Peternak Rugi

Kompas.com - 18/08/2022, 13:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengaku tidak senang jika harga ayam turun.

Sebab, menurut dia, hal ini bisa membuat para peternak ayam rugi lantaran harga ayam di pasar hingga grosir berbeda-berbeda.

Baca juga: Mendag Zulhas Usulkan Subsidi BBM Diberikan untuk Warga Miskin

"Kalau ayam turun saya enggak senang kasian peternak ayam. Kalau ayam Rp 26.000 di pasar, berarti grosir beli Rp 20.000, ke peternak ayam Rp 16.000 rugi. Karena pedagang ayam itu paling murah beli Rp 19.000," ujar Mendag Zulkifli Hasan saat menugunjungi Pasar Tomang Barat, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Karena murahnya harga ayam tersebut, lanjut dia, saat ini banyak telur ayam yang akan menetas dimatikan. Hal itu dilakukan untuk mengurangi over supply pada ayam. 

Baca juga: Mendag Zulhas Optimistis Harga TBS Sawit Naik Akhir Agustus 2022

"Karena over supply, ayam jadi murah, kita juga enggak suka. Sama kaya sayuran. Misalnya bawang, bawang itu kan di Jawa tengah Rp 40.000, di Padang Rp 30.000, di sini bawang kelas satu masih Rp 40.000, yang kelas dua Rp 35.000. Kalau terlalu murah kita juga enggak bisa. Kita harus naikan lagi," kata Mendag Zulhas.

Mengutip data dari infopanganjakarta, Kamis (18/8/2022), harga ayam broiler turun Rp 248 dibandingkan harga kemarin menjadi Rp 38.818 per ekor.

Baca juga: Pantau Bapok di Pasar Raya Padang, Mendag Zulhas: Stok Melimpah, Harga Cenderung Turun

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.