Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Fitur QRIS di Aplikasi BRImo dengan Mudah

Kompas.com - 05/09/2022, 21:46 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Metode pembayaran nontunai kini semakin beragam. Salah satu yang mulai banyak digunakan adalah metode pembayaran QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard).

QRIS adalah suatu standarisasi pembayaran yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) untuk semua perusahaan yang menggunakan teknologi finansial dalam mempermudah transaksi jual beli.

Dikutip dari laman resmi BI, QRIS adalah kombinasi dari berbagai jenis QR Code dari berbagai penyelenggara jasa sistem pembayaran atau PJSP. Hal ini dapat mempermudah transaksi jual beli digital dengan menggunakan QR Code jadi lebih mudah, praktis, cepat dan aman.

Baca juga: Cegah Kejahatan Kripto, Indodax Terapkan Keamanan Tambahan

Saat ini penyedia pembayaran baik lokal maupun asing dengan basis QR Code sudah wajib menggunakan satu jenis QR Code yang menggunakan standarisasi QRIS.

Jadi seluruh QR Code akan terintegrasi dengan seluruh aplikasi penyedia pembayaran menggunakan satu jenis QR Code.

Nantinya masyarakat bisa melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan berbagai aplikasi hanya dengan memindai satu QR Code pada merchant yang sudah terintegrasi dengan QRIS.

Selain dompet digital, sistem pembayaran QRIS juga bisa dilakukan untuk nasabah-nasabah bank. Nasabah bank BRI misalnya, yang bisa melakukan pembayaran pakai QRIS BRI dengan menggunakan aplikasi BRImo.

Baca juga: Kredit Macet Restrukturisasi Covid-19 Naik Jadi 7,10 Persen di Juli 2022

Cara menggunakan QRIS BRI di aplikasi BRImo

Bagi pengguna baru yang belum familier menggunakan fitur QRIS BRI, jangan khawatir. Karena cara bayar pakai QRIS di aplikasi BRImo cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka aplikasi BRImo di smartphone Anda.
  • Login menggunakan User ID dan Password.
  • Selanjutnya, klik ikon QRIS.
  • Scan QRIS barcode yang ada pada merchant.
  • Pastikan nama merchant sudah sesuai lalu pilih “Sumber Dana” dan klik “OK”
  • Masukan nominal pembayaran.
  • Cek detail pembayaran dan klik “Bayar”.
  • Masukkan PIN BRImo.
  • Proses transaksi atau cara bayar pakai QRIS BRI pada aplikasi BRImo telah berhasil.

Baca juga: Kapan Saham Garuda Indonesia Kembali Diperdagangkan? Ini Kata OJK

Cara bayar pakai QRIS BRI melalui aplikasi BRImo di berbagai merchant dengan mudahTangkapan layar laman promo.bri.co.id Cara bayar pakai QRIS BRI melalui aplikasi BRImo di berbagai merchant dengan mudah

Manfaat QRIS BRI bagi pengguna

Metode pembayaran menggunakan QRIS pada aplikasi BRImo tentu memberikan manfaat bagi pengguna. Salah satunya, transaksi menjadi lebih cepat daripada pembayaran dengan menggunakan uang tunai.

Pengguna tidak perlu menunggu kasir memberikan uang kembalian. Pembayaran QRIS BRI juga lebih higienis karena tidak perlu bersentuhan tangan.

Nah, itulah informasi seputar cara menggunakan fitur QRIS BRI atau cara bayar pakai QRIS BRI melalui aplikasi BRImo di berbagai merchant. Selamat mencoba!

Baca juga: Kementerian ESDM Bantah Minta Harga BBM Vivo Dinaikkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com