KILAS

Mudahkan Pelanggan Cek Pemakaian Gas, PGN Gandeng PT Inti Kembangkan Smart Meter

Kompas.com - 27/09/2022, 10:16 WIB

KOMPAS.com – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) bekerja sama dengan PT Inti melakukan pengadaan smart meter atau unit meteran gas yang berfungsi mengukur dan mencatat pemakaian gas bumi oleh pelanggan secara otomatis.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar mengatakan, terobosan itu dilakukan untuk mengimplementasi digitalisasi pada perhitungan pemakaian gas bumi.

Nantinya, infrastruktur pendukung pembangunan jaringan gas (jargas) sebanyak 400.000 sambungan rumah (SR) itu dapat langsung terhubung dengan sistem billing terintegrasi PGN.

Smart meter akan menggantikan pencatatan meter manual oleh petugas PGN untuk rumah tangga maupun UMKM,”  ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (27/9/2022).  

Unit meteran gas yang berteknologi tinggi itu juga dapat diimplementasikan dalam model pembayaran prabayar (prepaid) maupun pascabayar (post paid).

Baca juga: Catat Kinerja Positif Semester I-2022, PGN Bakal Fokus Utilisasi Gas Bumi di Masa Transisi Energi

“Dengan menggunakan produk dalam negeri dalam menunjang pembangunan jargas, diharapkan bisa meningkatkan pemanfaatan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) minimal 45 persen,” kata Achmad.

Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz menambahkan, rumah tangga menjadi segmen pelanggan yang kontribusi jumlah dan pertumbuhannya paling besar bagi PGN.

Hingga triwulan II-2022, jargas telah terealisasi sebanyak 711.179 SR yang tersebar di 17 provinsi, 67 kota atau kabupaten.

“Implementasi smart meter tetap menjamin pengukuran pemakaian gas tercatat secara real time dan akurat dan pelanggan dapat mengakses hasil pengukuran melalui aplikasi PGN Mobile,” ungkapnya.

Pencatatan otomatis itu, kata Faris, juga dapat mempermudah pengelolaan keuangan keluarga terkait tagihan gas setiap bulannya.

Baca juga: Lewat Pembangunan Jargas dan Sosialisasi, PGN Perluas Pemakaian Gas Bumi untuk Sektor Rumah Tangga

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.