Kompas.com - Diperbarui 29/09/2022, 17:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comCara transfer BRI ke BRI maupun bank lain bisa dilakukan dengan berbagai metode. Nasabah BRI dapat mengirim uang (transfer) melalui ATM, internet banking BRI, m-banking (BRImo), hingga SMS banking BRI. 

Transaksi transfer BRI ke BRI (transfer sesama BRI) sendiri tidak dikenakan biaya alias gratis. Sementara, transfer BRI ke BCA atau transfer BRI ke BNI, Mandiri, BTN serta bank lainnya akan dikenakan biaya sebesar Rp 6.500.   

Selain itu, nasabah BRI juga dapat memanfaatkan fitur BI Fast Payment (BI-Fast) untuk transaksi transfer beda bank. Dengan fitur BI-Fast, biaya transfer antarbank lebih murah yakni hanya Rp 2.500.

Baca juga: Pegadaian Beri Promo Gratis Biaya Titipan untuk Nasabah Tabungan Emas Baru

Adapun cara transfer BI Fast BRI ini bisa dilakukan melalui aplikasi mobile banking BRI atau BRImo. Lalu, bagaimana cara transfer antarbank lewat fitur BI-Fast BRI?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara transfer BRI ke bank lain dengan biaya Rp 2.500, berikut penjelasan tentang apa itu BI-Fast dan keuntungannya bagi nasabah.

BI Fast adalah infrastruktur sistem pembayaran yang disediakan Bank Indonesia. Sistem keuangan ini dapat diakses melalui aplikasi yang disediakan industri sistem pembayaran dalam memfasilitasi transaksi pembayaran ritel bagi masyarakat.

Baca juga: BSI Jadi BUMN, Stafsus Erick Thohir: Tinggal Finalisasi

Dengan demikian, BI Fast bukanlah aplikasi tersendiri, namun nanti akan muncul saat nasabah melakukan transfer melalui mobile banking, internet banking di bank yang telah menerapkan BI-Fast.

Implementasi BI Fast oleh bank kepada nasabahnya akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan rencana bank dalam mempersiapkan kanal pembayaran bagi nasabahnya masing-masing.

Biaya transfer antarbank menggunakan BI Fast maksimal Rp 2.500 per transfer. Namun, perbankan atau peserta dapat menetapkan biaya yang sama atau lebih rendah.

Nah, salah satu bank yang menerapkan BI Fast adalah Bank BRI. Dengan BI Fast, transfer antarbank menjadi cepat, murah, mudah, aman, dan handal. Transfer menggunakan BI Fast dapat dilakukan melalui aplikasi BRImo.

Baca juga: Lowongan Kerja BPJS Kesehatan 2022, Daftar di rekrutmen.bpjs-kesehatan.go.id/karir

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.