3 Akses Baru Jalan Tol Becakayu Mulai Beroperasi Hari Ini, Berikut Manfaatnya

Kompas.com - 30/09/2022, 17:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Toll Road (WTR) melalui Badan Usaha Jalan Tol yang dimiliki, yakni PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) selaku pemilik konsesi Jalan Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu (Becakayu) mulai mengoperasikan tiga jalur tambahan.

Merujuk pada Keputusan Menteri PUPR No.1234/KPTS/M/2022 tanggal 29 September 2022, jalur yang akan dioperasikan adalah On Ramp Prumpung, On Ramp Casablanca, dan Seksi 1A Koneksi Jalan Tol Wiyoto Wiyono sisi Timur.

"Ketiga jalur tersebut akan resmi beroperasi dan dapat digunakan oleh pengguna jalan pada Jumat (30/9/2022) pukul 14.30 WIB," kata Direktur Utama WTR Rudi Purnomo dalam keterangan tertulis, Jumat.

Baca juga: Jalan Tol Becakayu Seksi 2a Ditargetkan Rampung Akhir 2022

Rudi mengatakan, terdapat sejumlah dampak positif dari beroperasinya ketiga jalur tol tersebut. Pertama, untuk Jalur On Ramp Prumpung bermanfaat untuk menghindari kepadatan lalu lintas di jalan D.I. Panjaitan menuju Kota Bekasi.

Kedua, Jalur On Ramp Casablanca akan mempersingkat waktu perjalanan dari area Jakarta Timur menuju Bekasi

"Ketiga, untuk Jalur Koneksi Becakayu – Wiyoto Wiyono akan mempersingkat waktu perjalanan dari arah Tanjung Priok menuju Kota Bekasi," ujarnya.

Sementara, Direktur Utama KKDM Aris Mujiono mengatakan, Jalan Tol Becakayu telah memberikan manfaat yang sudah dirasakan langsung oleh para pengguna jalan, terutama dalam mempercepat waktu perjalanan dan melancarkan jalur distribusi dari wilayah Jakarta Timur menuju Bekasi Barat.

Baca juga: Tol Becakayu Tak Kunjung Selesai Sejak 1996, Luhut: Harus Segera Kita Tuntaskan

“Selain itu, kehadiran lintas tol tersebut akan meningkatkan angka volume lalu lintas pada Jalan Tol Becakayu secara keseluruhan," kata Aris.

Sebagai informasi, Jalan Tol Becakayu memiliki total panjang hingga 16,78 Km, di mana Seksi 1B – C dan Seksi 1A Koneksi Wiyoto Wiyono sisi Barat (Cipinang-Jakasampurna) sepanjang 11,90 kilometer yang menghubungkan Kota Jakarta Timur dengan Kota Bekasi sudah beroperasi sejak tahun 2017.

Sementara itu, Seksi 1A Koneksi Wiyoto Wiyono sisi Timur (Casablanca –Jakasampurna) sepanjang 2 Km sedang dalam proses untuk beroperasi dan Seksi 2A dan 2A Ujung (Casablanca – Marga Jaya) sepanjang 4,88 Km sedang dalam tahap mengajukan Uji Laik Fungsi dan Uji Laik Operasi (ULF – ULO).

Baca juga: Luhut: Butuh Dana Rp 3,75 Triliun untuk Selesaikan Tol Becakayu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.