Luhut: Butuh Dana Rp 3,75 Triliun untuk Selesaikan Tol Becakayu

Kompas.com - 24/12/2021, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mengungkapkan pemerintah akan menuntaskan proyek Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu atau Tol Becakayu.

"Kita bersama Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, dan juga BUMN Waskita Karya beserta Walikota Bekasi dan Bupati Bekasi meninjau proyek Jalan Tol Becakayu yang sudah konstruksi sejak 1996, jadi kita mau tuntaskan," ujar Luhut saat meninjau konstruksi Jalan Tol Becakayu Seksi II A Ujung di Bekasi, seperti dikutip dari Antara Jumat (24/12/2021).

Luhut mengatakan jika jalan tol ini selesai maka akan dapat mengurai kemacetan mulai dari jalan bypass, Cawang sampai dengan Tambun.

Baca juga: Luhut Tawari AS Investasi di Tol Trans-Sumatera

Selain itu, dibutuhkan dana sebesar Rp3,75 triliun untuk menyelesaikan proyek Jalan Tol Becakayu tersebut.

"Tadi sudah disampaikan kita butuh Rp3,75 triliun, kita memiliki pilihan-pilihan untuk menuntaskan pembangunan jalan tol ini," kata Luhut.

Sebelumnya PT Waskita Karya berharap keseluruhan seksi Jalan Tol Becakayu dapat beroperasi pada pertengahan tahun depan.

SVP Corporate Secretary Waskita Ratna Ningrum mengatakan bahwa pihaknya telah menyelesaikan pekerjaan erection Steel Box Arch (SBArch) girder pada proyek Jalan Tol Becakayu Seksi 2A Ujung.

Baca juga: Pengumuman, Tarif Tol Jakarta-Tangerang Naik Mulai 26 Desember

Erection girder yang telah dilakukan menggunakan Crawler Crane berkapasitas 800 ton ini memiliki total bentang sepanjang 212,6 meter dan berjumlah 36 batang girder.

Pekerjaan erection SBArch girder ini merupakan tonggak penting yang menandai kemajuan dalam pengerjaan proyek Jalan Tol Becakayu sepanjang 16,02 km.

Jalan Tol Becakayu seksi 2A-2A Ujung yang saat ini tengah dibangun oleh Waskita menggunakan struktur elevated memiliki panjang 4,88 km dan saat ini progresnya telah mencapai 83,6 persen.

Bagian ini akan melengkapi keberadaan Jalan Tol Becakayu Seksi 1 BC sepanjang 8,4 km yang telah diresmikan pada 3 November 2017. (Aji Cakti)

Baca juga: Nataru, Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 2B Beroperasi Gratis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.