Kompas.com - 24/10/2022, 17:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, proyek MRT Fase 3 atau MRT East-West saat ini masih dalam studi kelayakan (feasibility study).

Ia berharap studi kelayakan MRT dengan rute Cibitung-Balaraja ini dapat rampung pada 2023 sehingga dapat dibangun pada 2024.

"MRT East-West ini masih tahap feasibility study, MRT-nya itu dari Cibitung ke Balaraja cuma yang punya kemampuan subsidi kan DKI, kita feasibility study east west berlangsung sekarang, nah diharapkan 2023 sudah selesai, dan 2024 mulai dibangun," kata Menhub Budi saat menerima PJ Gubernur DKI Jakarta dalam sebuah video, Senin (24/10/2022).

Baca juga: Penjelasan Menhub Soal Proyek MRT Jakarta Fase 2 Bengkak Jadi Rp 26 Triliun

Adapun dalam catatan Kompas.com, MRT Fase 3 ini memiliki rute Balaraja-Cikarang sepanjang 84,102 kilometer. Namun, Menhub menyebutkan MRT ini dengan rute Cibitung-Balaraja.

Terkait dengan biaya proyek MRT ini, Budi tak menjelaskan secara detail. Namun, ia mengatakan, ada dua negara yang akan menjadi investor proyek tersebut yaitu Jepang dan Inggris.

"Itu Jepang sama UK dan mereka sudah setuju, sedangkan Fatmawati menuju ke TMII itu Korea Selatan," ujarnya.

Untuk diketahui, Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar menekankan bahwa proyek MRT Fase 3 ke depannya akan disebut dengan MRT East-West Line.

Penyebutan MRT East-West Line ditetapkan karena proyek ini sangat panjang dan terbagi lagi menjadi beberapa fase di dalamnya.

"Sekarang ini kita masih menyebutnya Fase 3 tapi mungkin ke depannya kita akan menyebutnya dengan East-West Line, jadi ada yang North-South Line dan East-West Line," jelas William dalam media briefing, Kamis (30/6/2022) dikutip dari Properti Kompas.com.

Proyek lanjutan MRT Jakarta ini membutuhkan pembiayaan sebesar Rp 160 triliun.

Baca juga: Erick Thohir dan Heru Budi Bakal Sinergikan MRT, LRT, hingga Kereta Cepat

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.