Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Buat CV dan Surat Lamaran Kerja agar Mudah Diterima Kerja

Kompas.com - 31/10/2022, 16:40 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 100.000 pencari kerja memadati penutupan Festival Job Fair dan Vokasi yang dihelat oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), pada Minggu (30/10/2022).

Dari pandangan Kompas.com, banyak pencari kerja membawa dokumen melamar kerja dalam bentuk hard file (fisik), ada juga yang bentuk soft file atau flashdisk untuk diserahkan kepada perusahaan yang mengikuti Job Fair tersebut.

Dalam acara tersebut Praktisi Psikologi Mohamad Abdilah Nuradhi memberikan tips membuat curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup agar para pencari kerja bisa lolos saat melamar kerja.

Baca juga: Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Baik dan Menarik agar Dipanggil HRD

"Untuk bisa membuat CV yang paling membantu kita lolos dari tahapan pertama adalah pakai prinsip jobs matching. Jadi, teman-teman ketika keliling-keliling booth ini pasti sudah punya brosur, lowongannya apa, dicari jabatannya apa, job description-nya apa," katanya yang ditayangkan secara virtual melalui kanal Youtube Kemnaker, Senin (31/10/2022).

Selanjutnya, masukkan dalam CV kriteria soft skill atau attitude yang dibutuhkan. Sebelum melamar, pencari kerja harus mengetahui dulu formasi penempatan kerjanya apabila lolos seleksi.

"Pastikan juga ada kesamaan latar belakang pendidikan, keterampilan, pengalaman, kepribadian juga perlu kita pertimbangkan. Semakin dekat CV teman-teman dengan ceklis yang punya perusahaan maka peluang teman-teman untuk dipanggil ke tahap kedua itu akan lebih besar," lanjut Abdilah.

Abdilah bilang, tidak merekomendasikan membuat CV yang sama untuk semua perusahaan.

"Jadi jangan sampai membuat CV yang generik teman-teman karena tiap perusahaan punya satu perusahaan, lowongannya bisa macam-macam," ucapnya.

Abdilah menambahkan, pastikan dalam membuat CV harus sesuai dengan kompetensi serta posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

"Dari kompetensi tadi yang kita bahas itunya saja sudah beda, enggak mungkin kita membuat CV yang sama. Karena yang dibutuhkan dalam CV itu adalah informasi yang relevan. Ketika kita sedang melamar menjadi seorang sales, cantumkanlah pengalaman atau hobi atau apapun yang sudah teman-teman kerjakan yang berkaitan dengan sales," jelasnya.

Selain CV, pelamar kerja juga harus menyertakan surat lamaran sebagai pelengkap dari daftar riwayat hidup (CV).

"Kita harus kirimkan surat lamaran kerjanya juga karena di situ yang akan menjadi pengantar kita," kata Abdilah.

"Istilahnya kan kita mau job matching tuh mirip kayak nyari pacar atau nyari suami atau nyari istri gitu," sambung dia.

Baca juga: 10 Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Komponen Wajib Dalam Surat Lamaran Kerja

Abdilah kembali memaparkan sederet komponen yang dibutuhkan dalam hal penulisan surat lamaran kerja. Seperti nama lengkap, usia, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan terakhir, dan alamat domisili.

"Alamat domisili juga penting. Ini yang menjadi hal yang cukup menentukan ketika kita tidak tahu lokasi kerja kita di mana yang enggak sesuai dengan kota domisili itu juga bisa menjadi penyebab banyak yang resign," ujarnya.

Komponen paling penting adalah nomor kontak atau gawai (handphone) si pencari kerja. Dia pun mengingatkan agar para pencari kerja tidak kerap mengganti nomor kontaknya.

"Jadi catatan juga bagi generasi kita milenial ke bawah, biasanya suka ganti-ganti nomor HP. Yang baru putus sama pacar, enggak mau dihubungi lagi langsung ganti nomor. Ganti nomor tapi lupa kalau itu sudah dipakai ditaruh di surat lamaran kerja. Akhirnya gara-gara kita ganti nomor, kita mau dipanggil untuk interview atau psikotes enggak tersampaikan," kata Abdilah.

Berikutnya, lanjut Abdilah, para pencari kerja jangan lupa menuliskan jabatan yang diinginkan dalam surat lamaran tersebut.

"Seandainya CV yang sudah dibuat itu semakin dekat dengan ceklis milik perusahaan maka selamat Anda akan dipanggil ke tahap kedua," ucapnya.

Baca juga: Simak 5 Informasi Apa Saja yang Harus Ada di CV

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com