Kapan "First Jobber" Sebaiknya Memiliki Produk Asuransi?

Kompas.com - 16/11/2022, 20:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak muda yang baru mulai bekerja atau kerap disebut first jobber, sering bingung ketika dihadapkan pada keputusan untuk membeli produk asuransi atau tidak.

Pendapatan yang dimiliki sering dirasa belum mumpuni untuk dapat membayar premi asuransi setiap bulannya.

Namun begitu, Chief Product Office Allianz Life Indonesia Himawan Purnama mengatakan, setiap anak muda memiliki kebutuhan akan asuransi.

"Jangan dipikir anak muda kebutuhannya belum ada, lalu bilang karena masih muda belum butuhlah asuransi," kata dia dalam Media Workshop 2022 Life & Health Insurance 101: Do’s & Don’ts Sebelum dan Saat memiliki Asuransi, Rabu (16/11/2022).

Baca juga: Plus Minus RBC sebagai Ukuran Kesehatan Asuransi

Ia menjabarkan, anak muda first jobber mungkin belum memiliki pendapatan sebesar usia pekerja di atasnya. Namun demikian, proteksi terhadap jiwa dan kesehatan tetap diperlukan.

Himawan mencontohkan, first jobber diibaratkan sebagai orang yang memiliki kotak harta karun yang kecil. Sedangkan pekerja senior memiliki kotak harta karun yang lebih besar.

"Keduanya butuh perlindungan, karena walaupun sekarang masih kecil kalau ada kenapa-kenapa dengan kotaknya itu sayang juga kalau hilang," tutur dia.

Dalam hal ini, keduanya sama-sama membutuhkan gembok untuk dapat memproteksi harta yang dimiliki. Hanya, besaran gembok ini yang jadi pertimbangan dalam memiliki dan memilih manfaat produk asuransi.

"Kalau kotaknya besar gemboknya kecil tentu tidak sebanding juga, jadi (anak muda) bukan kebutuhan asuransinya yang tidak ada, tetapi skalanya berbeda," tegas dia.

Namun begitu, dalam menentukan jenis asuransi yang ingin dimiliki perlu dilihat terlebih dahulu kondisi dari tiap-tiap individu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.