RILIS BIZ

Integrasi Manajemen Energi dan Digital untuk Wujudkan Bangunan Menjadi Smart Building

Kompas.com - 25/11/2022, 13:49 WIB
|

KOMPAS.comManajemen energi untuk gedung saat ini menjadi kebutuhan bagi pengelola bangunan di era digital. Tujuan utamanya adalah untuk mewujudkan operasional yang lebih efisien dan mendorong pengurangan penggunaan emisi karbon dalam skala besar.

Bangunan pintar atau smart building yang dikelola secara digital juga bisa mendapatkan analitik data secara real-time.

Data tersebut memungkinkan pembuat keputusan membuat pilihan berdasarkan informasi yang akurat guna meningkatkan keberlanjutan, efisiensi, dan ketahanan bangunan, sekaligus memberikan pengalaman yang lebih baik bagi penghuni.

Baca juga: Selenggarakan Innovation Summit World Tour, Schneider Electric Serukan Aksi Sustainability

Namun, saat ini, masih terdapat kesenjangan tentang bagaimana industri real estate dapat mengintegrasikan data dan solusi digital untuk mencapai target sustainability dan menciptakan smart building yang terhubung.

Pada dasarnya, KINI telah banyak tersedia solusi pengelolaan smart building. Salah satunya adalah EcoStruxure Building yang dimiliki oleh Schneider Electric.

Pada EcoStruxure Building, Schneider Electric memiliki teknologi connected room solution yang terhubung dengan internet of things (IoT) dan big data.

Pengelolaan bangunan secara real-time tersebut membuat pengelolaan energi menjadi lebih efisien dan pada ujungnya bisa menghemat biaya operasional.

Baca juga: Siapkan Generasi Muda Hadapi Era Electricity 4.0, Schneider Electric Selenggarakan Kompetisi

Baru-baru ini, EcoStruxure Building milik Schneider Electric juga mendapatkan akreditasi dari lembaga sertifikasi konektivitas digital global, WiredScore, dengan kategori “Solusi Terakreditasi”.

Akreditasi tersebut memungkinkan Schneider Electric dapat menyelaraskan teknologinya dengan panduan sertifikasi global SmartScore untuk mendukung perusahaan atau bisnis di berbagai sektor industri memenuhi standar bangunan pintar modern mereka.

VP of Digital Energy at Schneider Electric Kas Mohammed mengatakan, akreditasi WiredScore menjadi upaya berkelanjutan Schneider Electric dalam menghadirkan solusi digital cerdas yang memungkinkan bisnis menciptakan bangunan cerdas, hijau, dan sehat.

Baca juga: Pabrik Schneider Electric Gunakan 100 Persen Energi Terbarukan pada 2025

“Kami bersemangat memulai perjalanan dengan WiredScore dan menjadikan EcoStruxure. Inisiatif ini merupakan langkah maju dalam membantu klien kami memahami nilai manfaat yang dapat diberikan oleh investasi mereka dalam teknologi digital,” kata Kas dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Jumat (25/11/2022).

Kemitraan dan berbagi pengetahuan, lanjutnya, memiliki peran penting untuk mencapai tujuan sustainability.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.