Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Sebut Pernikahan Kaesang dan Erina Beri Kontribusi Terhadap Perekonomian

Kompas.com - 12/12/2022, 19:40 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, dengan adanya perhelatan pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gundono selama tiga hari, memberikan kontribusi terhadap perekonomian. Mulai dari transportasi hingga pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Selain itu, pernikahan keduanya tidak hanya membawa kebahagiaan bagi keluarga kedua mempelai, tetapi juga membawa kebahagiaan bagi seluruh warga Yogyakarta-Solo. Dari mulai pemilik PO Bus lokal, pemilik UMKM seperti pedagang makanan, jasa laundry, parkir, sampai pengerajin lokal yang membuat souvenir pernikahan kedua mempelai, ikut merasakan kebahagiaan karena dagangan dan jasa mereka habis terbeli oleh para tamu dan panitia penyelenggara acara. Ini adalah bukti bahwa perekonomian Indonesia terus bergerak," tuturnya dikutip dalam Instagram @luhut.pandjaitan, Senin (12/12/2022).

Kemudian, Luhut juga menyebut pernikahan Kaesang sebagai Pesta Rakyat. Karena tidak hanya para tamu undangan yang hadir, namun seluruh rakyat turut melihat dan menikmati bagaimana budaya Indonesia dijunjung tinggi dalam acara tersebut.

Baca juga: Sebut Orang Indonesia Hobi Kuliner dan Jalan-jalan, Luhut Dorong Pendapatan Wisata Rp 3,2 Triliun

"Saya amati setiap kali momen pernikahan putra-putri Presiden Joko Widodo, selalu menampilkan budaya dan tradisi yang selama ini sering dilupakan karena tergerus oleh tempaan zaman," tuturnya.

"Ini adalah hal yang bagus karena sebagai anak muda, mereka menjadi contoh bagi anak-anak muda lain di Indonesia bahwa setinggi apapun pendidikan maupun status sosialmu, jangan pernah lupa pada budaya dan tradisi bangsamu sendiri," lanjut dia.

Baca juga: Luhut: Indonesia Sekarang Sangat Diminati Para Investor dari Berbagai Negara

Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini selain hadir sebagai tamu undangan, juga turut mendampingi Presiden untuk menyambut Putera Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Pangeran Khalid bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan yang datang ke acara pernikahan Kaesang. Sekaligus melihat Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo.

"Selamat berbahagia dan menempuh hidup baru bagi kedua mempelai @kaesangp dan @erinagudono, teladanilah kehidupan rumah tangga kedua orang tua kalian. Semoga Tuhan YME selalu melimpahkan kasih sayang dan berkat dalam cinta yang sudah kalian pertautkan," ucap Luhut.

Baca juga: Luhut Minta Kementerian dan Lembaga Berpikir Out of The Box Promosikan Pariwisata RI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com