Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BEI Kedatangan 4 Emiten Baru Hari Ini, Produsen Minuman Cap Tikus hingga Perusahaan IT

Kompas.com - 06/01/2023, 12:01 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) menerima kehadiran empat emiten baru pada Jumat (6/1/2023).

Keempat emiten itu ialah, PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk (BEER), PT Mitra Tirta Buwana Tbk (SOUL), PT Data Sinergitama Jaya Tbk (ELIT), dan PT Citra Buana Prasida Tbk (CBPE).

Keempat emiten itu berasal dari tiga sektor yang berbeda, yakni minuman, teknologi, dan properti.

Baca juga: Produsen Minuman Beralkohol Cap Tikus Bakal Melantai di BEI

Berikut profil dari keempat pendatang baru tersebut:

1. Jobubu Jarum Minahasa (BEER)

Jobubu Jarum Minahasa merupakan produsen minuman beralkohol dengan produk andalannya Cap Tikus 1978. Perusahaan yang bermarkas di Desa Kapitu, Sulawesi Utara itu melakukan pencatatan saham pernanya dengan harga Rp 220 per saham.

Mengutip prospektusnya, produsen minuman Cap Tikus 1978, Daebak Soju, dan Daebak Sparks itu melepas paling banyak 800 juta saham baru dari portepel setara 20 persen sahamnya. Lewat aksi korporasi ini, Jobubu berhasil menghimpun dana segar sebesar Rp 176 miliar.

2. Mitra Trita Buwana (SOUL)

Mitra Tirta Buwana juga merupakan perusahaan yang bergerak di bidang minuman, dengan produk air minum dalam kemasan merek Hexsoul. Harga saham perdagangan perdana perusahaan ini ialah sebesar Rp 110.

Adapun saham yang dilepas oleh Mitra Trita Buwana sebesar 24,94 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Dengan demikian, perusahaan berhasil menggalang dana sebesar Rp 29,7 miliar.

3. Data Sinergitama Jaya (ELIT)

Emiten ketiga yang tercatat di BEI pada 2023 ini merupakan perusahaan penyedia layanan (managed service) di bidang teknologi informasi. Perusahaan melepas harga per lembar saham sebesar Rp 120.

Saham yang dilepas ke publik oleh Data Sinergitama Haya sebanyak 500 juta lembar saham, yang mewakili 24,61 persen modal perusahaan. Lewat aksi IPO ini, perusahaan diproyeksi memperoleh sekitar Rp 60 miliar.

4. Citra Buana Prasida (CBPE)

Citra Buana Prasida merupakan pengembang dan pengelola properti. Emiten keempat yang listing pada 2023 ini melakukan harga penawaran sebesar Rp 150 per saham.

Adapun saham yang dilepas sebesar 271,25 juta saham baru. Dengan demikian, perusahaan memperoleh Rp 40,68 miliar.

Baca juga: BEI Resmi Cabut Suspensi Saham Garuda Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com