Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Bandara Soekarno-Hatta Peringkat Ke-43 Bandara Terbaik di Dunia

Kompas.com - 19/03/2023, 15:00 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Soekarno-Hatta masuk dalam 100 bandara terbaik di seluruh dunia, tepatnya masuk dalam peringkat 43. Mengutip Skytrax World Airport Awards 2023, posisi ini meningkat dibandingkan pada tahun 2022, yang masuk dalam pringkat 51.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, kenaikan peringkat Bandara Soekarno-Hatta di dalam daftar World’s Top 100 Airports 2023 merupakan hasil dari konsolidasi dan kolaborasi setiap stakeholder bandara.

Kenaikan peringkat pada jajaran 100 bandara terbaik dunia ini diraih di tengah periode pemulihan lalu lintas penerbangan yang tengah tertekan pandemi Covid-19.

Baca juga: Simak, Ini Harga Tiket Terbaru Kereta Bandara Soekarno-Hatta

"Hasil ini sekaligus merefleksikan keberhasilan Bandara Soekarno-Hatta dalam mengelola peningkatan penerbangan, memenuhi permintaan yang tumbuh, dengan tetap memperhatikan kenyamanan traveler," jelasnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (17/03/2023).

Di bawah Soekarno-Hatta ada Bandara San Francisco yang berada di posisi 48, Sidney berada di posisi 49, dan Los Angeles di posisi 63. Bandara Kuala Lumpur juga masih berada di bawah Soekarno Hatta, yakni berada pada posisi ke 67, Budapest di posisi 77, dan Ngurah Rai Denpasar Bali di posisi 80.

Bandara Mumbai berada di barisan ke 84, dan Abu Dhabi ke 87, sementara itu, Bandara John F Kennedy di New York juga berada di posisi 88.

Baca juga: Catat, Ini Jadwal Terbaru Kereta Bandara Soekarno-Hatta


Tiga teratas berdasarakan Skytrax World Airport Awards 2023 yakni Singapore Changi di posisi pertama, di mana sebelumnya Changi berada di posisi 3 pada tahun 2022.

Posisi kedua ditempati oleh Doha Hamad, di mana tahun lalu Doha Hamad berada di posisi pertama. Sementara itu, di posisi ketiga ada Tokyo Haneda, yang sebelumnya ada di posisi kedua.

Mengekor Singapore Changi, Doha Hamad, dan Tokyo Haneda, ada Seoul Incheon, Paris CDG, Istambul, Munich, Zurich, Tokyo Narita, hingga Madrid Barajas di top 10.

Baca juga: PT Railink Tak Lagi Jadi Operator KA Bandara Soekarno-Hatta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+