Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah Daya Listrik PLN Hanya Rp 202.300, Ini Cara Pengajuannya

Kompas.com - 23/03/2023, 04:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) menawarkan promo diskon tambah daya listrik ke 900 volt ampere (VA) hingga 5.500 VA hanya bayar Rp 202.300. Promo ini berlaku hingga 30 April 2023.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, promo potongan harga itu merupakan bagian dari program Terangi Ramadhan 2023, yang dapat diikuti pelanggan semua golongan tarif, kecuali golongan tarif sosial dengan peruntukan rumah ibadah.

"Di bulan yang berkah ini PLN memberikan harga spesial untuk biaya penyambungan tambah daya hingga ke daya 5.500 VA," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (21/3/2023).

Baca juga: Cara Memindahkan Tiang Listrik di Depan Rumah lewat PLN Mobile

Melalui promo ini, pelanggan yang ingin menambah daya hanya perlu membayar Rp 202.300, sehingga bisa menghemat biaya jauh lebih murah dari tarif normal.

Sebab, jika mengacu harga normal, seperti biaya penambahan daya dari 450 VA ke 900 VA sebesar Rp 421.650, bahkan tambah ke daya 1.300 VA biayanya mencapai Rp 796.450.

Begitu pula dengan tambah daya dari 900 VA ke 1.300 VA biaya normalnya sebesar Rp 374.800, serta tambah ke daya 2.200 VA biayanya sebesar Rp 1.218.100.

Baca juga: Cara dan Syarat Memindahkan Meteran Listrik Rumah


Sedangkan untuk tambah daya dari 2.200 VA ke 3.500 VA biaya normalnya Rp 1.259.700, dan dari 3.500 VA ke 5.500 VA biaya normalnya Rp 1.938.000.

"Jadi bisa dipastikan betapa besar penghematan yang didapat pelanggan dengan mengikuti promo ini," kata Darmawan.

Adapun promo ini bisa didapatkan pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile. Pelanggan hanya perlu mengajukan permohonan tambah daya melalui aplikasi tersebut, nantinya petugas PLN akan datang ke tempat tinggal pelanggan.

Baca juga: Nyepi, Beban Puncak Listrik di Bali Diprediksi Turun 40 Persen

Berikut cara untuk tambah daya melalui aplikasi PLN Mobile:

  • Buka aplikasi PLN Mobile dan lakukan pendaftaran akun
  • Setelahnya, pada halaman utama pilih menu 'Ubah Daya dan Migrasi'
  • Lalu akan muncul tampilan tahapan proses perubahan daya, tekan 'Mulai'
  • Masukkan ID Pelanggan kemudian tekan 'Cari', lalu akan muncul ID Pelanggan di bagian bawah, kemudian tekan 'Lanjutkan'
  • Selanjutnya muncul menu Pilih Titik Lokasi, maka tentukan koordinat lokasi yang akan tambah daya, dan tekan 'Lanjutkan'
  • Kemudian muncul menu Pilih Layanan, maka pilih daya baru yang dibutuhkan, jenis koneksi (pra/pasca bayar), peruntukan listriknya, kemudian tekan 'Lanjutkan'
  • Jika sudah, bagi yang memilih pra bayar, maka pilih token yang dibutuhkan, misal Rp 100.000, lalu tekan 'Lanjutkan'
  • Selanjutnya masuk ke bagian menu Isi Data Pelanggan, silakan isi seluruh data yang diminta secara lengkap, dan tekan 'Lanjutkan'
  • Lalu akan muncul ringkasan data permohonan, setelah itu tekan 'Kirim Permohonan'
  • Kemudian akan muncul tampilan 'Syarat & Ketentuan', pelanggan diharapkan untuk membaca dan memahami dengan cermat, setelahnya tekan 'Setuju'
  • Pelanggan pun akan diarahkan ke halaman pemberitahuan 'Permohonan Berhasil', lalu tekan 'OK'
  • Setelahnya akan muncul menu Verifikasi, masukkan kode verifikasi yang sudah dikirim oleh PLN ke alamat email atau nomor ponsel, kemudian tekan 'Kirim'
  • Lalu akan muncul tampilan 'Detail Permohonan'. Proses pun berlanjut setelah pelanggan memilih 'Lanjutkan Pembayaran'
  • Setelah itu, akan muncul tampilan Metode Pembayaran, ada beberapa opsi pembayaran yang bisa dipilih, seperti dompet digital maupun transfer bank melalui virtual account
  • Usai melakukan pembayaran, maka proses pengajuan pun selesai.

Jika permohonan berjalan lancar, akan muncul pemberitahuan dari aplikasi PLN Mobile bahwa pembayaran telah berhasil. Kemudian setelah dua hari kerja, petugas PLN akan menghubungi pelanggan untuk melakukan penjadwalan penambahan daya.

Petugas akan membuka meteran listrik, mengganti MCB, serta menyegel MCB yang baru. Untuk proses aktivasi pun cukup mudah, hanya dengan memasukkan token yang terdiri dari 16 digit sebanyak 2 kali.

Baca juga: Kronologi Lengkap Pelawak Tarzan Srimulat Didenda PLN Rp 90 Juta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com