Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis Bersama IFG

Kompas.com - 09/04/2023, 15:10 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Holding BUMN asuransi, penjaminan dan investasi Indonesia Financial Group (IFG) kembali membuka mudik gratis bagi masyarakat melalui program mudik bersama BUMN.

Program ini diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan didukung oleh IFG dan anak perusahaannya yakni PT Jamkrindo, PT Askrindo, dan PT Jasindo.

Direktur SDM IFG yang juga membawahi fungsi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Rizal Ariansyah mengatakan, tahun ini perusahaan menargetkan untuk memberangkatkan kurang lebih 1.850 orang peserta mudik gratis.

Adapun, syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi peserta dalam kegiatan mudik ini hanya mendaftarkan Nomor Induk Kependudukan sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan/atau Kartu Keluarga (KK) serta telah memperoleh vaksinasi Covid-19.

Baca juga: Masih Ada Kuota, Simak Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub dengan Kereta Api dan Kapal Laut

"Program Mudik Bersama BUMN 2023 mengutamakan peserta dari golongan masyarakat yang kurang mampu, sehingga diharapkan dapat memitigasi potensi risiko kecelakaan lalu lintas bagi pemudik," ujar dia dalam siaran pers, dikutip Minggu (9/4/2023).

Ia menambahkan, adanya program mudik gratis ini diharapkan dapat mengalihkan pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua agar dapat melakukan perjalanan dengan lebih aman dan nyaman menggunakan armada bus dengan kondisi lolos tes rampcheck dan pengemudi bus yang telah lolos tes narkoba.

IFG melalui anak usahanya akan memberangkatkan total 1.850 orang pemudik menggunakan 39 armada bus eksekutif.

Program mudik gratis ini akan menuju ke beberapa kota yaitu Kuningan (via Cirebon), Pekalongan (via Tegal), Purworejo (via Purwokerto), Magelang (via Temanggung), Kudus (via Semarang), Yogyakarta (via Klaten), Wonogiri (via Solo) dan Surabaya.

Peserta mudik gratis juga akan dibekali oleh perlindungan asuransi kecelakaan, konsumsi, serta sarana prokes.

Baca juga: Dibuka Mulai Hari Ini, Simak Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis KAI

Rizal menjelaskan, keberangkatan pemudik dijadwalkan akan dilaksanakan dalam 2 kloter yaitu 18 April 2023 yang rencananya akan dilepas secara simbolis oleh Menteri BUMN bertempat di Gelora Bung Karno, Jakarta dan pada 19 April 2022 dengan titik keberangkatan dari Senayan, Jakarta.

Pendaftaran untuk mengikuti program mudik gratis ini dibuka dengan kuota terbatas yang dimulai dari 5 April 2023 sampai dengan kuota terpenuhi.

Untuk turut serta dalam program mudik bersama tersebut, calon peserta cukup melakukan pendaftaran ke link website https://daftar.mudikbersamabumn.id dan memilih IFG Group sebagai BUMN penyelenggara.

Baca juga: PLN Sediakan Kuota Mudik Gratis untuk 10.000 Penumpang, Ini Syarat Daftarnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com