Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Siagakan 14 SPKLU di Rest Area Trans Jawa, Ini Titik Lokasinya

Kompas.com - 11/04/2023, 21:20 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Yongki Triono menyebutkan, terdapat 14 titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang disediakan di rest area Tol Trans Jawa.

Tentunya kehadiran SPKLU tersebut akan memudahkan bagi pemudik yang menggunakan mobil listrik tak perlu khawatir lagi saat melakukan mudik Lebaran tahun ini.

"Bahwa di jalan tol kami khususnya di rest area, kami sudah menempatkan adanya SPKLU. Jadi charge untuk mobil kendaraan listrik, dan ada di 14 rest area," katanya dalam media gathering, Jakarta, Selasa (11/4/2023).

"Kalau kita lihat ini rest area cukup banyak, yaitu satu ke arah Merak, tepatnya di Km 13A. Lalu ada juga di jalur Trans Jawa ada 11 titik, dari mulai Jakarta sampai ke Probolinggo," sambung Yongki.

Baca juga: Mudik Lebaran 2023, Cas Mobil Listrik di SPKLU Rest Area Cuma 15 Menit

Dalam kesempatan tersebut, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja mengatakan, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) juga akan menyiagakan pengisian daya secara mobile untuk kendaraan listrik.

"Beberapa merek tertentu kebetulan ATPM juga menyiapkan dengan mobile charging. Jadi case emergency mogok, mereka bisa datang ke lokasi, menghampiri mobil yang mogok," ujar Endra.

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com, PT PLN (Persero) bakal mengoperasikan 616 unit SPKLU di 237 lokasi di seluruh Indonesia selama masa mudik Lebaran 2023.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, langkah tersebut untuk mempermudah bagi para masyarakat yang hendak menggunakan mobil listrik selama Lebaran 2023.

Dari persebarannya, ketersediaan SPKLU mayoritas berada di Pulau Jawa yaitu sebanyak 171 lokasi dari total 237 lokasi, yang kmudian diikuti Bali dengan total 34 lokasi serta Sumatera 35 lokasi.

Berikut lokasi SPKLU di Tol Trans Jawa:

  • Jakarta-Merak terletak di rest area kilometer 13A
  • Jakarta-Probolinggo terletak di rest area kilometer 6B, Km 208B, Km 389B, Km 456B, Km 519B, Km 616B, Km 207A, Km 379A, Km 519A, Km 626A, Km 695A.

Baca juga: Mau Mudik Pakai Mobil Listrik? Catat 15 Titik SPKLU yang Dioperasikan Jasa Marga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com