Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Angkutan Lebaran 14-19 April 2023, Pengguna KRL Tembus 4,35 Juta Orang

Kompas.com - 20/04/2023, 19:26 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - KAI Commuter mencatat volume pengguna commuterline Jabodetabek selama masa Angkutan Lebaran 14-19 April sebanyak 4,35 juta orang.

Sementara, pada hari pertama cuti bersama Rabu (19/4/2023) yang bertepatan dengan H-3 volume pengguna commuterline sebanyak 578.785 orang.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, dari pantauan di stasiun-stasiun integrasi dengan perjalanan KA Lokal, terpantau ada kenaikan volume pengguna.

"Seperti Stasiun Rangkasbitung, pada hari pertama cuti bersama sebanyak 19.266 orang yang turun di Stasiun tersebut," ujar dia dalam keterangan resmi, Kamis (20/4/2023).

Baca juga: Masa Angkutan Lebaran 2023, Pengguna KRL Commuter Line Diprediksi Tembus 12 Juta Orang

Angka tersebut tumbuh 31 persen secara harian dibandingkan Selasa yang sebanyak 14.700 orang pengguna.

Kenaikan ini juga berbanding lurus dengan kenaikan volume pengguna KA Lokal di Stasiun Rangkasbitung.

Tercatat sebanyak 4.826 orang yang naik KA Lokal Merak dari stasiun tersebut, atau naik 22 persen jika dibanding dengan sehari sebelumnya yaitu sebanyak 3.969 orang.

Baca juga: Erick Thohir: Opsi Impor KRL Bekas Masih Terbuka

Untuk volume pengguna KA Lokal Merak, Anne menerangkan, KAI Commuter mencatat volume pengguna sepanjang masa Angkutan Lebaran tahun ini total sebanyak 49.928 orang.

Sedangkan kemarin Rabu (19/4/2023), tercatat volume penumpang sebanyak 8.807 orang. Dari angka tersebut naik sebesar 9 persen secara harian dibandingkan volume pengguna pada satu hari sebelumnya yaitu sebanyak 8.107 orang.

"KAI Commuter menambah fasilitas pelayanan di Stasiun Rangkasbitung, seperti penambahan tenda di hall barat maupun hall timur stasiun untuk tempat tunggu pengguna dan menambahkan 7 unit toilet portable, juga kursi-kursi tunggu pengguna," imbuh dia.

Baca juga: Drama Pelarangan KRL Impor

Lebih lanjut, Anne menerangkan pada hari pertama cuti bersama, volume pengguna KA Bandara Soetta juga mengalami kenaikan sebesar 22 persen jika dibanding rata-rata pengguna sepanjang masa Angkutan Lebaran tahun ini atau sebanyak 6.642 orang.

Dalam menghadapi masa angkutan lebaran ini, KAI Commuter mengoperasikan 40 perjalanan KA Bandara soetta setiap harinya untuk menuju dan dari Stasiun Manggarai atau BNI City ke Stasiun Bandara Soetta.

"Untuk menarik minat pengguna KA Bandara Soetta, saat ini KAI Commuter memberikan promo tarif Rp 50.000 untuk Kereta Bandara kelas eksekutif," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com