Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaim Asuransi Jasa Raharja di Jatim Turun 50 Persen Selama Masa Angkutan Lebaran 2023

Kompas.com - 05/05/2023, 09:00 WIB
Achmad Faizal,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Jasa Raharja Cabang utama Jawa Timur mencatat penurunan angka kecelakaan yang signifikan hingga 50 persen sepanjang masa angkutan Lebaran 2023 di Jatim mulai H-7 hingga H+7 tahun ini.

Hal itu dapat dilihat dari klaim ansuransi kecelakaan pada masa periode angkutan Lebaran di Jatim.

Menurut Kepala Cabang Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Timur Eva Yuliasta, jika pada 2022 klaim ansuransi untuk korban meninggal dunia selama masa angkutan Lebaran mencapai Rp 13 miliar lebih, tahun ini hanya tercatat Rp 7,4 miliar.

"Tahun lalu klaim ansuransi selama angkutan Lebaran lebih dari Rp 13 miliar, tahun ini hanya Rp 7,4 milliar," kata Eva dikonfirmasi Kamis (4/5/2023).

Namun dia belum dapat menyebut angka pasti untuk klaim ansuransi korban luka karena masih dalam proses penyerapan. "Kalau korban luka masih penghitungan, tapi pastinya menurun hampir 50 persen," ujarnya.

Baca juga: Jasa Raharja: Santunan Korban Kecelakaan Selama Libur Lebaran 2023 Menurun

Menurut Eva, pada arus mudik dan arus balik Lebaran dan Idul Fitri pada tahun 2022 korban kecelakaan Lalu Lintas tercatat yang meninggal dunia sebanyak 260 orang dan luka-luka ada 1.223 orang, namun pada tahun 2023 korban meninggal dunia turun menjadi 152 orang dan yang luka-luka 8 orang.

Jasa Raharja mengapresiasi semua stakeholder di Jatim yang berperan dalam menekan angka kecelakaan di jalan di masa angkutan Lebaran tahun ini dari Polda Jatim hingga Pemprov Jatim.

Baca juga: Jasa Raharja Sumbar Siapkan Mobil Keselamatan Lalu Lintas Gratis Saat Lebaran

Eva berharap, peristiwa kecelakaan di jalan pada angkutan Lebaran tahun depan dapat kembali ditekan hingga mencapai zero accident.

"Upaya-upaya memperbanyak angkutan mudik gratis, penyediaan rest area dan kebijakan masa libur sangat efektif mengurangi angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com