Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Daftar dan Syarat Akses Modal Proyek Modalku

Kompas.com - 16/05/2023, 15:35 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitrausaha Indonesia Grup atau Modalku meluncurkan layanan Modal Proyek yang merupakan akses mendapatkan pendanaan online tanpa agunan.

Layanan ini bisa dimanfaatkan oleh perusahaan atau vendor yang tergabung dalam elektronik katalog (e-catalogue) dan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) ketika hendak menjalankan proyek dari pemerintah.

Country Head Modalku Arthur Adisusanto mengatakan, dengan layanan ini para perusahaan bisa mendapatkan modal hingga Rp 1,5 miliar dengan tenor fleksibel hingga 120 hari sesuai dengan tempo pembayaran proyek.

Baca juga: Modalku Finance Sebut Penyaluran Pembiayaan Capai 98 Persen dari Target 2022

"Dengan adanya layanan ini kami ingin menjawab tantangan perusahaan pemegang proyek dari pemerintah seperti kebutuhan modal untuk melunasi tagihan kepada supplier sebelum pengiriman, yang kerap mengalami kesulitan dalam menjaga kelancaran arus kas, dan bagi pemilik perusahaan yang tidak menggaransi mobilization uang di awal," ujarnya saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (16/5/2023).

Syarat dan cara daftar

Sementara itu untuk persyaratannya dibeberkan Arthur di antaranya adalah harus berbadan hukum perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dan Commanditaire Vennootschap (CV), sudah beroperasi aktif minimal 1 tahun.

Selain itu, pendaftar harus memiliki mutasi rekening koran, memiliki dokumen legalitas perusahaan baik itu pengurus ataupun pemegang saham, dan memiliki dokumen pendukung lainnya.

Baca juga: Grup Modalku Salurkan Pendanaan Senilai Rp 45 Triliun untuk 100.000 UMKM


Sedangkan untuk cara mendaftarnya, perusahaan bisa mengakses langsung pendaftaran melalui website resmi Modalku dan memilih layanan Modal Proyek.

Kemudian mengisi data diri mulai dari nama lengkap, jabatan, alamat email perusahaan, dan masih banyak lainnya.

Selanjutnya tinggal pendaftar bisa mengkuti semua petunjuk pendaftaran yang kemudian nanti tim Modalku akan melakukan verifikasi pengajuan pinjaman dari perusahaan-perusahaan yang ingin mengajukan.

Baca juga: Grup Modalku Dorong Bisnis UMKM dengan Penerapan ESG

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com