Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Perubahan, Simak Perubahan Operasional KA Bandara YIA dan Kualanamu mulai 1 Juni

Kompas.com - 22/05/2023, 15:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Railink akan menyesuaikan jadwal kereta api Bandara Kualanamu dan Yogyakarta International Airport (YIA) seiring dengan diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 mulai 1 Juni 2023.

Direktur Utama PT Railink Porwanto Handry mengatakan, Gapeka 2023 akan menggantikan GAPEKA 2021 sehingga akan mempengaruhi pola operasi berbagai perjalanan kereta api, termasuk kereta api bandara.

"Untuk operasional KA Bandara sendiri, salah satu perubahannya adalah jadwal keberangkatan KA yang umumnya akan maju atau berubah menjadi lebih awal dari jadwal sebelumnya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (22/5/2023).

Baca juga: PT Railink Tak Lagi Jadi Operator KA Bandara Soekarno-Hatta

Adapun perubahan terjadi pada keberangkatan KA Bandara YIA perdana dari Stasiun Yogyakarta yang sebelumnya dijadwalkan pukul 04.30 WIB akan maju 10 menit menjadi pukul 04.20 WIB.

Sedangkan keberangkatan terakhir dari Stasiun Yogyakarta dari sebelumnya pada pukul 20.40 WIB akan maju 5 menit menjadi pukul 20.35 WIB.

Sementara keberangkatan perdana KA Bandara YIA dari Stasiun YIA akan maju 12 menit dari sebelumnya pukul 05.20 WIB menjadi pukul 05.08 WIB. Sedangkan keberangkatan KA terakhir dari Stasiun YIA yang sebelumnya dijadwalkan pada pukul 21.45 WIB akan maju dua puluh menit menjadi pukul 21.25 WIB.

Kendati demikian, perjalanan KA Bandara YIA tetap berjumlah 42 perjalanan dalam sehari, termasuk 12 perjalanan KA Bandara YIA Xpress yang tidak berhenti di Stasiun Wates.

Baca juga: 8 Langkah Beli Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta di Aplikasi KA Bandara

Kemudian perubahan pada KA Bandara Kualanamu, keberangkatan KA pertama dari Stasiun Bandara Kualanamu maju dari sebelumnya pukul 07.20 WIB menjadi pukul 06.50 WIB dan untuk keberangkatan KA terakhir dari Stasiun Bandara Kualanamu mundur dari sebelumnya pukul 20.30 WIB menjadi pukul 21.10 WIB.

Keberangkatan kereta api bandara pertama dari Stasiun Medan tidak mengalami perubahan yakni tetap pukul 05.00 WIB, sementara untuk keberangkatan terakhir dijadwalkan maju 15 menit dari sebelumnya pukul 19.20 WIB menjadi pukul 19.05 WIB.

Sama dengan KA Bandara YIA, perubahan ini tidak mempengaruhi jumlah perjalanan KA Banadara Kualanamu, yaitu tetap sebanyak 24 perjalanan dalam sehari.

"Selain dengan mempertimbangkan perjalanan KA lainnya, perubahan jadwal KA Bandara yang dipandu GAPEKA 2023 tetap didasari atas kesesuaian dengan jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat di bandar udara," tuturnya.

Baca juga: Cara Beli Tiket Kereta Bandara Kualanamu di Aplikasi KA Bandara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com