Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Situs untuk Cari Penghasilan Tambahan

Kompas.com - 05/06/2023, 13:56 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi mahasiswa/mahasiswi dan juga pekerja pemula maupun berpengalaman yang ingin mencari tambahan uang jajan, terdapat beberapa situs yang menawarkan pekerjaan lepas alias freelance.

Bekerja secara freelance bebas dilakukan di mana saja atau fleksibel. Namun tetap terdapat deadline (tenggat waktu) setiap proyek yang dipilih. Bayarannya pun bervariatif.

Kompas.com menelusuri beberapa situs yang menawarkan pekerjaan freelance tersebut yakni Fastwork.id, Upwork, dan projects.co.id.

Baca juga: Simak 5 Pekerjaan Freelance yang Paling Banyak Dibutuhkan

Ketiga situs tersebut memiliki beragam pekerjaan lepas yang ditampilkan sesuai dengan keahlian masing-masing.

A. Fastwork.id

Di tampilan websitenya terdapat pilihan pekerjaan lepas yaitu Grafis dan Desain, Penulisan dan Penerjemahan, Web dan Pemograman, Visual dan Audio, Pemasaran dan Periklanan, Jasa Konsultasi, dan Gaya Hidup.

Misalnya, jika tertarik memilih sebagai Penulis atau Penerjemah, uang yang diberikan mulai Rp 10.000 hingga Rp 500.000. Hal itu tergantung tugas yang dilakukan dari pemberi jasa.

Baca juga: Freelance Kena Pajak, Bagaimana Cara Menghitung Pajak Penghasilannya?


B. Upwork

Sama seperti Fastwork, posisi freelance yang ditawarkan tidak jauh berbeda. Namun di situs Upwork terdapat jasa legal, HR & training, finance & akuntan, admin & customer support, serta arsitek & engineering.

Bayarannya menggunakan mata uang Amerika Serikat, dollar AS. Freelance sebagai penulis dan penerjemah akan dibayar mulai 11 dollar AS atau setara Rp 162.000 per jam.

Pembayaran tertinggi sebesar 70 dollar AS atau Rp 1.036.000 per jam (kurs hari ini Rp 14.800 per dollar AS).

C. Projects.co.id

Situs freelance satu ini berbeda dengan yang sebelumnya disebutkan di atas. Projects.co.id menampilkan rekrutmen pekerja lepas secara acak.

Baca juga: Apa Itu Freelance: Untung Rugi dan Bedanya dengan Full Time

Jadi ketika ingin mencari pekerjaan tambahan sesuai keahlian, pengguna harus mengklik "Pencarian Project" di tampilan Project.

Setelah itu akan muncul berbagai macam project disertai bujet dan deadline-nya. Misal script writer untuk video Youtube, ada pemberi kerja yang memberikan bujetnya sekitar Rp 100.000-Rp 125.000.

Batas waktu penyelesaiannya selama 14 hari. Ada juga kebutuhan untuk Live TikTok dengan bujet bayaran Rp 1 juta. Kriteria yang dibutuhkan host wanita untuk mempromosikan produk pupuk. Durasi live 2 jam per hari selama 1 bulan.

Inilah ketiga website bagi kamu yang tertarik ingin mencari penghasilan tambahan. Namun masih ada lagi situs lainnya yang mungkin jadi pertimbangan freelancer seperti Gigster, Sribu, Fiverr, dan Dribbble.

Baca juga: Ini 10 Negara dengan Pertumbuhan Pendapatan Freelance Terpesat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com