Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Kawasan Industri, PGN Bangun Pipa Distribusi Penghubung Proyek Cisem-KIT Batang

Kompas.com - 10/06/2023, 08:00 WIB
Aprillia Ika

Editor

BATANG, KOMPAS.com - PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina berkomitmen menyelesaikan pembangunan Pipa Distribusi yang terkoneksi dengan Pipa Transmisi Cirebon-Semarang (Cisem) ruas Semarang-Batang. Pipa distribusi PGN akan memenuhi kebutuhan gas bumi Jawa Tengah, khususnya Kawasan Industri Terpadu Batang (KIT Batang).

Saat ini, progres pembangunan dalam tahap pekerjaan fisik seperti penjajaran pipa sepanjang sekitar 4 Km, penggalian dan lowering pipa, serta pengelasan dan pengujian pipa. Pada tahap awal, PGN membangun pipa distribusi sepanjang 5 KM diameter 8 inchi dan akan dilanjutkan pada tahap pengembangan 2,3 Km.

"Pengembangan infrastruktur pipa distribusi gas di KIT Batang kami targetkan selesai bersamaan dengan penyelesaian pembangunan Pipa Cisem pada Agustus 2023," kata Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar melalui keterangan pers, Sabtu (10/6/2023).

Baca juga: Ditargetkan Beroperasi 2023, Infrastruktur Gas Bumi KIT Batang Mulai Dibangun

"Demand" kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang

Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz menambahkan, demand di KIT Batang Fase 1 sebesar 12 BBTUD.

Saat ini yang telah berproses menuju perjanjian jual beli gas dengan PGN dari KIT Batang adalah PT KCC Glass Indonesia dengan kebutuhan 8 BBTUD dan PT Rumah Keramik Indonesia sekitar 4 BBTUD.

Pemenuhan demand pelanggan di KIT Batang saat ini berasal dari PEPC JTB, di mana PGN mempunyai alokasi untuk kebutuhan industri.

Menurut Faris, pemenuhan gas untuk KIT Batang dapat meningkatkan market share PGN baik itu peningkatan volume dan omzet penjualan, serta jumlah pelanggan segmen komersial dan industri khususnya di area SOR 3 Jateng Jatim Bali Nusra.

"Selain itu, akan mengoptimalisasi implementasi inisiatif marketing PGN 360 Integrated Solution sebagai pengembangan bisnis PGN Group,” kata Faris.

"Dengan melihat demand yang cukup besar, artinya produktivitas industri di KIT Batang ini juga besar. Secara revenue, tidak hanya PGN yang mendapatkan benefit, tetapi juga bagi industri untuk daya saing serta pendapatan daerah Jawa Tengah,” imbuh Faris.

Baca juga: Bahlil Sebut Foxconn Susul LG Bangun Pabrik di KIT Batang, Tesla Bagaimana?

Proyek Cisem tahap I

Sebagaimana diketahui, Menteri ESDM menargetkan proyek pembangunan Pipa Transmisi Gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) Tahap 1 ruas Semarang-Batang sepanjang 60 km rampung Agustus 2023. Sehingga, aliran gas untuk industri bisa dilakukan sekitar November-Desember 2023.

Berdasarkan data per 25 Mei 2023 progres pengerjaan proyek CIsem tahap I sudah mencapai 91,35 persen. Angka tersebut melebihi target rencana awal, dimana target per Juni tahun 2023 sebesar 90,65 persen.

Adapun potensi pemanfaatan Pipa Gas Cisem meliputi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, dengan proyeksi kebutuhan gas hingga 2026 sebesar 39,42 MMSCFD dan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), dengan proyeksi kebutuhan gas hingga 2028 sebesar 25,83 MMSCFD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com