Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Potensi Bisnis Data Center di Tengah Masifnya Adaptasi Digital

Kompas.com - 10/06/2023, 10:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Adaptasi digital di masyarakat, menjadi katalis bagi perkembangan data center. Menurut Direkur ST Telemedia Global Data Centres Pieter Loesi, industri data center perlu mendukung tren pergerseran gaya hidup masyarakat yang semakin terdigitalisasi.

“Maka dari itu, data center yang dapat diandalkan, efisien, dan berkelanjutan menjadi komponen penting dalam ekonomi digital kita,” kata Pieter dalam acara Data Center Summit - Legrand Day 2023, Jumat (9/6/2023).

Pieter mengatakan, bergesernya cara hidup, bermain, bekerja, hingga semakin banyaknya konsumen dan pengusaha yang menganut dan beradaptasi dengan teknologi digital, mendorong peningkatan dalam kebutuhan infrastruktur digital.

“Hal itu juga seiring dengan meningkatnya jumlah data global yang secara eksponen,” tambahnya.

Baca juga: Bisnis Data Center Diperkirakan Raup Pendapatan Rp 19,3 Triliun Tahun 2023

Data Center Summit 2023 membahas beberapa isu-isu yang sangat menarik seperti tren pasar dan peluang-peluang dalam bidang usaha data center serta proyeksi pertumbuhan industri data center. Acara tersebut juga secara khusus juga menekankan pentingnya keberadaan data center yang berkelanjutan di Indonesia.

Senada, Country Manager Legrand Indonesia Achraf Hegazy mengatakan, dengan kebutuhan untuk mendukung digitalisasi di masyarakat data center menjadi salah satu industri yang sangat penting, sehingga kolaborasi antara para pemimpin industri, rekanan, dan pelaku usaha lainnya dibutuhkan.

“Data center kedepannya bisa berkontribusi kepada pertumbuhan berkelanjutan industri di Indonesia. Bersama-sama, kita siap untuk membentuk industri ini," kata Achraf.

Baca juga: Kurangi Konsumsi Listrik, Perusahaan Wajib Bangun Infrastruktur Green Data Center

 


Ketua Asosiasi Data Center Indonesia (IDPRO), Hendra Suryakusuma juga menambahkan, saat ini pertumbuhan industri data center memiliki peluang yang cerah. Di sisi lain, bisnis data center juga diharapkan menekankan manajemen bisnis berkelanjutan dan mengedepankan efisiensi penggunaan energi.

"Saya melihat banyak potensi dalam insustri data center. Kami berharap industri data center dapat memberikan kontribusi lebih banyak lagi di Indonesia dalam hal keberlanjutan dan peningkatan efisiensi energi," tegasnya.

Sebagai informasi, Legrand Indonesia merupakan perusahaan internasional yang bergerak dalam bidang kelistrikan dan infrastruktur gedung digital. Legrand Day 2023 berlangsung selama 2 hari pada tanggal 7 dan 8 Juni 2023. Rangkaian acara tersebut terdiri dari beberapa kegiatan yang mengumpulkan lebih dari 650 peserta dari berbagai industri seperti infrastruktur digital, sektor ritel, dan konstruksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com