Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bapanas: Harga Bawang Putih 1 atau 2 Bulan ke Depan akan Turun

Kompas.com - 13/06/2023, 17:10 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi memprediksi harga bawang putih akan turun 1 hingga 2 bulan ke depan.

Harga bawang putih akan turun menyusul sudah diterbitkannya Surat Perizinan Impor (SPI) oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan telah dikeluarkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura atau RIPH  oleh Kementerian Pertanian.

"Tugas dari Kementan untuk menerbitkan RIPH sudah selesai sehingga kita tinggal meminta mengatur untuk persertujuan impor untuk kemendag dan Pak Mendag sudah menerbitkan sampai Juni ini. Kemungkinan besar dalam waktu dekat impor bawang putih akan masuk dan bawang putih harganya di China turun 800 dollar AS. Jadi bawang putih 1-2 bulan (ke depan) akan turun," ujarnya pada saat Rapat Kerja dengan Kementerian Pertanian, Badan Pangan Nasional, Perum Bulog, dan Komisi IV DPR RI di Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Baca juga: DPR Curiga Ada Mafia Impor Bawang Putih yang Raup Rp 1,5 Triliun

Adapun untuk stok bawang putih disebutkan Arief sudah minus 617.000 ton. Sementara total kebutuhan bawang putih dalam negeri mencapai 300.000 ton per bulannya.

Untuk diketahui, Indonesia tercatat masih doyan impor bawang putih. Hal ini jugalah yang membuat harga bawang putih di Tanah Air mahal.

Analis ketahanan pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) Retno Utami mengungkapan, 95 persen bawang putih yang ada di Tanah Air masih impor lantaran Indonesia masih belum mampu memproduksi bawang putih sendiri.

Imbasnya, Indonesia masih ketergantungan impor bawang putih, sehingga ketika importasi mengalami permasalahan, stok bawang putih di Indonesia menipis yang membuat harganya menjadi tinggi.

Baca juga: Kepala Bapanas Ungkap Kenaikan Harga Bawang Putih Akibat Harga di China Mahal

"Bawang putih bukan komoditas yang kita produksi, 90 persen atau mungkin 95 persen bawang putih di datangkan dari luar, artinya kita masih impor Ketergantungan impor kita terhadap bawang putih ini sangat tinggi, sehingga ketika kita tidak memproduksi dan ketika supply masih kurang, maka kemungkinan ada kendalanya atau hambatan dalam dari luar," ujarnya kepada Kompas.com saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (25/5/ 2023).

Sementara dari sisi harga, mengutip dari panel harga Bapanas, harga bawang putih hari ini secara nasional naik menjadi Rp 37.240 per kilogram.

Di Kabupaten Lampung harga bawang putih tembus Rp 40.000 per kilogram, DKI Jakarta tembus Rp 38.130 per kilogram, Cirebon Rp 38.000 per kilogram, dan Nusa Tenggara Timur dibanderol Rp 39.050 per kilogram.

Baca juga: BPS Ungkap Alasan Harga Bawang Merah dan Bawang Putih Naik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com