Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Karya Bakal Bangun Jalan di IKN Senilai Rp 1,3 Triliun

Kompas.com - 07/07/2023, 21:45 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui unit bisnisnya yaitu Infrastructure II Division memenangkan tender untuk mengerjakan pembangunan proyek Jalan Feeder Distrik Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur senilai Rp 1,3 triliun.

Director of Operation II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengatakan, pekerjaan ini membutuhkan waktu 390 hari dan diperkirakan akan selesai pada Agustus 2024.

"Tentunya pembangunan proyek ini diiringi dengan sistem modernisasi BIM (Building Information Modeling) agar mempercepat dan mempermudah kami dalam menyelesaikan pekerjaan ini sesuai dengan target yang ditentukan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (7/7/2023).

Baca juga: Ciputra Group Bakal Bangun Kawasan Terpadu di IKN

Pembangunan Jalan Feeder Distrik KIPP ini terbagi menjadi 6 bagian jalan, yaitu Jalan Grande, Jalan Akses Grande, Jalan Plaza Seremoni, Jalan Plaza Sipil, Jalan Distrik Bhineka, dan Jalan Distrik Rumah Tapak.

Saat ini terdapat beberapa jalan yang sebagian sudah dikerjakan karena sebelumnya digunakan akses untuk keperluan logistik proyek.

SVP Corporate Secretary Perseroan Ermy Puspa Yunita menambahkan, proses pembayaran proyek Jalan Feeder Distrik KIPP ini dilakukan dengan sistem pembayaran monthly payment.

"Dengan sistem ini, arus kas perseroan bisa berjalan dengan lebih sehat dan lancar," kata Ermy.

Baca juga: Otorita IKN Tawarkan Beragam Skema Pembiayaan Investasi ke Calon Investor Kazakhstan

Ermy bilang, koordinasi saat mengerjakan pekerjaan ini sangat dibutuhkan lantaran perseroan tengah mengerjakan banyak proyek lain di IKN,

"Koordinasi sangat perlu dilakukan setiap saat, agar pekerjaan kita tidak terganggu dan juga tidak mengganggu pekerjaan proyek yang lain. Sebelumnya di kawasan KIPP ada juga proyekproyek Waskita yang sedang berjalan," kata Ermy.

Sebagai informasi, beberapa proyek di IKN yang tengah dikerjakan Waskita Karya, yaitu Proyek Jalan Tol IKN Ruas 5A yang dimana didalamnya terdapat Jembatan Dirgahayu, Jalan Lingkar Sepaku Segmen 4, gedung Sekretariat Presiden dan fasilitas gedung penunjang, gedung dan kawasan Kementerian Koordinator Paket 3, gedung dan kawasan Kementerian Koordinator Paket 4, dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) 1, 2, 3.

Baca juga: 256 Calon Investor Tertarik Investasi di IKN, Sektor Infrastruktur dan Energi Paling Diminati

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com