Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insentif PPh Nol Persen Diharap Dorong UMKM di IKN Kembangkan Produk

Kompas.com - 26/06/2023, 13:38 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mulai lakukan sosialisasi dan pendampingan bagi pelaku usaha lokal di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Kegiatan ini dilakukan untuk menyiapkan agar masyarakat lokal tidak hanya menjadi penonton ketika IKN semakin ramai nanti.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menuturkan, di dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.12 Tahun 2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas Penanaman Modal bagi Pelaku Usaha di Ibu Kota Nusantara, pemerintah menyiapkan insentif dan kemudahan berusaha di sana, salah satunya memberi insentif bagi UMKM.

"Untuk UMKM pajak penghasilan finalnya nol persen. Ini bisa menjadi salah satu untuk memotiviasi ibu/bapak sekalian untuk sesegera mungkin, jangan tunggu yang lain-lain, sesegera mungkin, kita sudah berlayar menjadi satu pemain tidak hanya kelas kabupaten/kota, tidak hanya kelas provinsi, tapi kelas nasional dan insya Allah kelas internasional," katanya saat Sosialisasi dan Pendampingan IKM/UKM yang digelar di Titik Nol Nusantara, Kalimantan Timur, dikutip dari siaran persnya Senin (26/6/2023).

Baca juga: Pekerjaan Konstruksi di IKN Terapkan Pengawasan Berlapis, 1 Paket Pekerjaan Diawasi 4 Level

Tak hanya itu, dirinya berharap UMKM dapat memanfaatkan teknologi digital. Kemudian, Bambang memaparkan tiga harapan untuk pengembangan UMKM di IKN.

Pertama, dia berharap di IKN akan menjadi tempat persemaian bagi UMKM, "Tempat persemaian itu bapak/ibu tumbuh dari mikro, dari kecil, menengah, insya Allah menjadi menjadi pengusaha besar," ucap Bambang.

Kedua, Bambang ingin agar IKN menjadi rumah kita bersama. Ketiga, berharap IKN akan menjadi rumah yang harus dicintai.

"Kita harus cinta pada rumah-rumah kita, dan saya harapkan ibu/bapak semua paling enggak yang ada di sini akan mencintai IKN. jadikan IKN ini sebagai kota yang tidak hanya layak huni, yang modern, yang inklusif, tangguh, tapi juga dicintai," ujarnya.

Baca juga: Luhut Balas Kritik Mandor Asing di IKN: Jangan Ribut yang Nggak Jelas

 


Sebanyak 350 peserta UMKM hadir dalam sosialisasi tersebut. Dalam kegiatan tersebut, selain mendapatkan bimbingan dari berbagai praktisi bisnis untuk menembus pasar retail dan ekspor, para peserta juga berkesempatan memamerkan produk hasil produksi merek.

Lima produk lokal terbaik akan dipamerkan dalam pameran yang akan digelar di Jakarta. Peserta juga akan didampingi untuk mendapatkan sertifikasi halal.

"Kegiatan hari ini di samping untuk pendampingan IKM/UKM yang sudah ada, juga kita akan melakukan sertifikasi halal, dan kita juga punya cita-cita membuka halal center di IKN," tutur Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN Alimuddin.

Alimuddin menambahkan, pihaknya akan menyiapkan tempat bagi pelaku usaha lokal untuk menjual produk-produknya di IKN.

Baca juga: Vasanta Group Bakal Bangun Hotel Bintang 4 Pertama di IKN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com