Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Ekspor 50 Persen Mobil Listrik yang Diproduksi di RI ke 78 Negara

Kompas.com - 11/07/2023, 15:40 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Hyundai Motor Asia Pacific Lee Young Tack mengatakan, lebih dari 50 persen mobil listrik yang diproduksi di Indonesia diekspor ke 78 negara.

Lee mengatakan, hal tersebut berkontribusi dalam meningkatkan kegiatan ekspor Indonesia.

"Lebih dari 50 persen produksi pabrik Indonesia telah diekspor ke 78 negara di seluruh dunia untuk berkontribusi terhadap ekspor mobil Indonesia," kata Lee saat kunjungan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di PT Hyundai Motor Manufacturing, Sukamukti, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/7/2023).

Lee mengatakan, mobil listrik Hyundai jenis Ioniq 5 yang diluncurkan pada Maret 2022 lalu merupakan mobil listrik pertama di Indonesia dan menjadi penggerak pasar kendaraan listrik.

Baca juga: Kunjungi Pabrik Mobil Listrik Hyundai, Mendag: Sangat Modern

Ia juga mengatakan, Hyundai tumbuh bersama dengan mitra Indonesia melalui peningkatan kapasitas teknologi R&D mitra lokal dan dukungan untuk meningkatkan keterampilan manufaktur mitra lokal.

"Kami memohon perhatian dan dukungan anda agar Hyundai Motor Company dapat memimpin industri otomotif di ASEAN," ujarnya.

Secara terpisah, Advisor Hyundai Motor ASEAN Lee Kang Hyun mengatakan, pabrik Hyundai di Indonesia dapat memproduksi 150.000 unit mobil listrik setiap tahun.

Baca juga: Dapat Insentif, Penjualan Mobil Listrik Naik 44 Persen

Menurut dia, kapasitas produksi dapat ditambah tergantung pada permintaan.

"(Kapasitas) ada sampai 250.000 unit bisa menambah kapasitasnya, tapi ada nambah pabrik satu lagi, tapi belum ada pikiran," kata Lee Kang Hyun.

Baca juga: Luhut Jawab Kritikan Anies Terkait Program Subsidi Mobil Listrik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com