Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LRT Jabodebek Hanya Beroperasi Sampai Jam 8 Malam di 2 Pekan Pertama

Kompas.com - 28/08/2023, 17:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat umum sudah bisa menggunakan LRT Jabodebek mulai hari ini, Senin (28/8/2023) pukul 14.00 WIB.

Namun pada awal pengoperasian ini LRT Jabodebek belum beroperasi secara penuh. Pasalnya, tidak semua trainset (rangkaian) kereta dioperasikan dan jam operasionalnya pun belum normal.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (kemenhub) Risal Wasal mengatakan, selama dua pekan pertama LRT Jabodebek hanya akan mengoperasikan 12 rangakain kereta dari total 31 rangkaian.

Baca juga: LRT Jabodebek Beroperasi Tanpa Masinis, Erick Thohir Jamin Keselamatan Penumpang

Kemudian, jam operasional selama dua pekan awal ini lebih pendek hanya dari pukul 05.00-20.00 WIB, sedangkan normalnya 05.00-23.30 WIB.

"Ini tahap pertama sampai 2 minggu ke depan itu kita baru mengoperasikan 12 trainset yang akan beroperasi dari jam 5 pagi hingga 8 malam," ujarnya di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, Senin (28/8/2023).

Itu merupakan pengoperasian tahap pertama. Dia bilang, operasional LRT Jabodebek akan dilakukan dalam 3 tahap hingga akhirnya 27 rangkaian kereta dapat dioperasikan seluruhnya dan jam operasional berlaku normal.

"Terakhir 27 trainset, artinya ada kurang lebih 434 perjalanan kereta api Jakarta-Bekasi, Jakarta-Cibubur," kata dia.

Demikian juga dengan waktu kedatangan antar kereta (headway) yang pada saat ini masih di 10-20 menit dimana headway 10 menit untuk perjalanan kereta di Jakarta dan headway 20 menit untuk perjalanan di luar Jakarta menuju Stasiun Harjamukti dan Jati Mulya.

Baca juga: Stasiun LRT Halim Belum Dioperasikan, Tunggu Kereta Cepat Diresmikan

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyebut untuk sementara Stasiun LRT Halim tidak difungsikan untuk naik dan turun penumpang sampai kereta cepat Jakarta-Bandung beroperasi awal Oktober 2023. Meskipun saat ini, proses pembangunan Stasiun LRT Halim sudah selesai dikerjakan.

"Sebenarnya sudah untuk yang LRT ya stasiun selesai. Tapi karena beroperasinya kereta cepat kan masih beberapa waktu lagi. Jadi kita sementara Halim belum difungsikan," ucap Adita diwawancarai terpisah di lokasi yang sama.

Pasalnya, Stasiun Halim ini merupakan tempat LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung terintegrasi melalui jembatan layang (skybridge) yang memudahkan penumpang berpindah dari LRT ke kereta cepat dan sebaliknya.

"Di Halim itu kan nanti terintegrasi dengan kereta cepat. Kita pastikan kereta cepat juga sudah established dalam arti prasanannya baru kemudian Halim kita fungsikan," tutur Adita.

Baca juga: Sri Mulyani Mengaku Deg-degan Coba LRT Jabodebek


Berikut daftar perjalanan terakhir LRT Jabodebek:

- Harjamukti-Dukuh Atas perjalanan terakhir pukul 16.49.

- Dukuh Atas-Harjamukti perjalanan terkahir pukul 17.49.

- Dukuh Atas-Jati Mulya perjalanan terakhir pukul 17.38.

- Jati Mulya-Dukuh Atas perjalann terakhir pukul 16.40.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com