Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Akan Ajak PM China Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kompas.com - 04/09/2023, 16:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perdana Menteri China Li Qiang akan mencoba menaiki Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dari Stasiun Halim sampai Stasiun Padalarang sebelum moda transportasi tersebut diresmikan.

Hal ini diungkapkan Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi saat ditemui di Gedung DPR di sela RDP dengan Komisi V DPR RI.

Namun, dia masih belum dapat memastikan waktunya. Yang jelas, PM China akan mencoba menaiki kereta api tersebut dalam rangka uji coba.

"Dia (PM China) rencana bisa tanggal 7 bisa tanggal 6 (September)," ujar Diwyana di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (4/9/2023).

Baca juga: Menhub Bilang, Kereta Cepat Bisa Dipakai Masyarakat pada Oktober

Rencananya, Li Qiang akan menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Kan Perdana Menteri Tiongkok kebetulan berada di ASEAN Meeting ya, beliau diundang dan di sela-sela kegiatan mau coba kereta cepat dari Halim dan Karawang bareng Pak Luhut. Itu yang kami siapkan," ucapnya.

Adapun saat ini Kereta Cepat Jakarta-Bandung terus melakukan rangkaian uji coba untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana sebelum dioperasikan.

Ditargetkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung dapat diresmikan pada 1 Oktober mendatang.

"Kita kan dalam fase uji coba ya, sehari rata-rata 30 perjalanan untuk memastikan semua sarana prasarana oke, termasuk sertifikasi sarana prasarana dengan Kemenhub," jelasnya.

Sebelumnya, Menko Luhut menyebut, pada 8 September mendatang dia dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjajal KCJB bersama dengan PM China.

Baca juga: KCIC: Prasarana Kereta Cepat untuk 100 Tahun, Kualitasnya Tidak Main-main

"Nanti tanggal 8 (September) Presiden akan naik. Saya tanggal 8 dengan perdana menteri suatu negara," kata Luhut di Stasiun Dukuh Atas, Senin (28/9/2023).

Tentunya sebelum dijajal Presiden, kesiapan Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dipastikan terlebih dahulu.

"Nanti akan kami coba cek tanggal 6 mestinya semua oke," kata dia.

Luhut bilang, sejauh ini progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung tidak ada masalah yang berarti yang berpotensi mengganggu proyek.

"Bagus, enggak ada masalah, hampir selesai," ucapnya.

Sementara untuk peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dia masih belum dapat memastikan dapat dilakukan di September mendatang.

"Peresmiannya nanti saya kira Presiden pengin semua nyobain dulu seperti ini ya bertahaplah," tukas Luhut.

Baca juga: Mengenal Kereta Cepat Jakarta Bandung yang Masuk Obyek Vital Nasional

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com