Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cikarang Listrindo Lunasi Utang Obligasi Rp 765 Miliar

Kompas.com - 25/09/2023, 11:41 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Cikarang Listrindo Tbk (POWR) telah menyelesaikan utang obligasi senilai 50 juta dollar AS atau setara dengan Rp 765 miliar (kurs Rp 15.300 per dollar AS) atas sebagian Surat Utang Senior 4,95 persen dengan jatuh tempo tahun 2026 atau Senior Notes 2026. Obligasi tersebut terdaftar di Singapore Exchange Securities Trading Limited (SGX).

Nilai tersebut merepresentasikan 9 persen dari nilai pokok awal Senior Notes 2026. Pembelian kembali Senior Notes 2026 ini telah dijalankan Perseroan secara bertahap sejak tahun 2020 dengan menggunakan sisa kas tahunan Perseroan, terutama memanfaatkan nilai Senior Notes 2026 yang lebih rendah dari par.

“Pelaksanaan pembelian kembali dan pembatalan Senior Notes 2026 ini memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan, termasuk didalamnya investor. Melalui strategi ini, Perseroan juga berhasil memperkuat performa keuangan melalui penghematan biaya bunga hingga 2,5 juta dollar AS per tahun,” mengutip siaran pers Senin (22/9/2023).

Baca juga: Benarkah Investasi Obligasi Lebih Cocok untuk Orang Kaya Saja?

Angka tersebut akan secara langsung menambah laba bersih perseroan sebesar 3,4 persen apabila dibandingkan dengan Laba Bersih Perseroan tahun 2022.

Sebelumnya pelaksanaan aksi korporasi ini telah dilaporkan sebelumnya kepada IDX dan OJK melalui surat No. 0044/POWR/07/2023 perihal Laporan Informasi atau Fakta Material dan juga kepada SGX pada tanggal 31 Juli 2023, sesuai dengan peraturan Peraturan 324(1) dari Manual Pencatatan SGX, dimana Perseroan telah melakukan pembelian kembali dan pembatalan atas Senior Notes 2026 lebih dari 5 perseb dari nilai pokok awal Senior Notes 2026.

Setelah pelaksanaan pembelian kembali dan pembatalan sebesar 50 juta dollar AS, jumlah terutang dari Senior Notes 2026 perseroan adalah sebesar 500 juta dollar AS. Hal ini juga akan memperkuat fondasi struktur permodalan melalui perbaikan Rasio Leverage dan Fixed-Charge Coverage Ratio yang lebih baik. Melalui pengelolaan permodalan yang baik ini, Perseroan juga melindungi kemampuan mempertahankan kelangsungan usaha sehingga dapat tetap memberikan imbal hasil yang positif ke depannya kepada seluruh pemangku kepentingan.

Berdasarkan laporan peringkat terbaru oleh lembaga pemeringkat kredit S&P dan Moody’s, Senior Notes 2026 Perseroan tersebut dinilai dengan rating BB+ stable outlook dan Ba1 stable outlook, keduanya hanya 1 tingkat dibawah Investment Grade (IG), yang menunjukkan kualitas kredit Perseroan yang diakui oleh pihak Internasional.

Senior Notes 2026 Perseroan juga menempati peringkat teratas untuk kategori perusahaan swasta non-bank diantara perusahaan swasta rating-non IG lainnya berdasarkan penilaian dari lembaga pemeringkat kredit tersebut. Bahkan pada tahun 2016 silam, keberhasilan atas penerbitan Senior Notes tenor 10 tahun ini dianugerahi dengan penghargaan sebagai “Best High Yield Bond 2016” oleh Finance Asia.

Tahun ini Perseroan akan merayakan 3 dekade beroperasinya Perseroan sebagai salah satu Public Private Utility pertama di Indonesia dan salah satu Objek Vital Nasional (OBVITNAS) yang telah memberikan suplai listrik dan pelayanan terhadap lebih dari 2.600 pelanggan industri di 5 kawasan industri terkemuka di daerah kawasan industri Cikarang.

Berbekal pengalaman panjang selama 3 dekade ini, Perseroan berkomitmen untuk terus menjaga kepercayaan pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya dengan menyediakan solusi energi yang aman, andal, dan berkelanjutan. Kami percaya pentingnya prinsip kehati-hatian dan mengambil pendekatan proaktif dalam beradaptasi terhadap perkembangan bisnis maupun ekonomi nasional maupun global melalui penerapan kebijakan strategis, serta terus berupaya memberdayakan masa depan secara berkelanjutan.

Atas kinerja operasional dan keuangan yang andal serta mengedepankan keberlanjutan pada proses bisnisnya, Perseroan berhasil meningkatkan peringkat nilai risiko ESG oleh Sustainalytics meningkat dari 30,8 pada tahun 2022 menjadi 26,7 pada tahun 2023. Perseroan juga telah menjadi bagian dari beberapa indeks saham, yaitu ESG Sector Leaders IDX KEHATI, ESG Quality 45 IDX KEHATI dan Tempo-IDN Financials 52.

Hal ini memberikan semangat positif bagi Perseroan untuk terus meningkatkan komitmen keberlanjutan dan memberikan manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan di masa depan, membawa bekal 30 tahun pengalaman dan profesionalitas menuju tahun-tahun yang akan datang.

Baca juga: Suku Bunga The Fed Tinggi, Saham dan Obligasi Masih Layak Dikoleksi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com