Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Akses ke Bandara Kertajati dengan Bus Damri, Waktu Tempuh 75 Menit

Kompas.com - 18/10/2023, 16:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Seluruh penerbangan komersil domestik dan internasional di Bandara Husein Sastranegara Bandung akan resmi beralih ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka mulai 29 Oktober 2023.

Di sisi lain, sejumlah aksesibilitas telah disiapkan untuk memudahkan masyarakat menuju bandara internasional tersebut. Salah satunya bus Damri.

Kompas.com pada hari ini berkesempatan menjajal salah satu akses menuju Bandara Kertajati dari Bandara Husein Sastranegara yaitu Tol Cisumdawu menggunakan bus Damri.

Baca juga: Bandara Kertajati Bakal Layani 32 Penerbangan Per Hari

Pada perjalanan kali ini, Kompas.com mengikuti rombongan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang ingin meninjau persiapan pengalihan penerbangan dari sisi maskapai, bandara, hingga aksesibilitas.

Perjalanan rombongan Menhub yang diangkut dengan 4 bus Damri ini dimulai pukul 08.02 WIB dari Bandara Husein Sastranegara.

Perjalanan cukup lancar sehingga tak berapa lama kemudian bus masuk ke Gerbang Tol Pasteur 1 Jalan Tol Padalarang-Cileunyi pada pukul 08.25 WIB.

Setelah itu, perjalanan disambung melalui jalan tol Cisumdawu pada pukul 08.48 WIB.

Dengan kecepatan kendaraan sekitar 60-70 km per jam, bus sampai di gerbang masuk Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada pukul 09.40 WIB. Sekitar 4 menit setelahnya, pada 09.44 WIB rombongan sampai di Bandara Kertajati.

Baca juga: Dorong Maskapai Pindah ke Bandara Kertajati, Kemenhub Bakal Beri Insentif


Dengan demikian, waktu tempuh dari Bandung ke Bandara Kertajati melalui Tol Cisumdawu sekitar 1 jam 15 menit atau 75 menit jika dihitung dari saat masuk GT Pasteur 1. Sementara jika dihitung dari saat masuk Tol Cisumdawu, maka waktu tempuhnya sekitar 56 menit.

Sebagai informasi bus Damri merupakan salah satu angkutan penunjang di Bandara Kertajati. Pada masa awal pengoperasian Bandara Kertajati, Perum Damri melayani penumpang di dua rute, yaitu Bandung dan Kuningan.

Hingga Desember 2023, Damri memberikan diskon tiket untuk kedua layanannya di Bandara Kertajati, yaitu rute Bandung dari tarif normal Rp 100.000 turun jadi Rp 80.000 dan rute Kuningan dari tarif normal Rp 70.000 turun jadi Rp 60.000.

Baca juga: Ini 7 Rute Penerbangan yang Pindah ke Kertajati dari Bandara Bandung per 29 Oktober

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com