Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permudah Pembukaan Usaha jadi Strategi Pemerintah Libatkan UMKM dalam Hilirisasi

Kompas.com - 18/10/2023, 18:40 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mendorong agar pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk turut andil dalam program hilirisasi yang tengah dilaksanakan.

Plt. Asisten Deputi Koperasi dan UMKM Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Danang SWR mengatakan, Presiden Joko Widodo sebelumnya sudah menginstruksikan agar hilirisasi tidak hanya berfokus pada sektor bernilai besar seperti pertambangan.

Orang nomor satu RI itu sempat menyebutkan, UMKM juga harus menjadi sektor yang ikut merasakan program hilirisasi dengan berbagai persiapan.

"Jadi ini agar tidak mengandalkan yang besar-besar saja seperti nikel. Kita harus memperhatikan yang kecil-kecil, seperti UMKM," kata Danang dalam rangkaian kegiatan Asian-African Legal Consultative Organization (AALCO) ke-61 di Bali, dikutip Rabu (18/10/2023).

Baca juga: Mendag Zulhas: UMKM Punya Kesempatan Lebih Baik untuk Merambah Ekspor

Lebih lanjut Danang bilang, upaya tersebut akan didukung oleh regulasi pemerintah agar UMKM siap mengolah barang mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi.

Saat ini hilirisasi untuk UMKM dapat sejalan dengan dua regulasi yang telah dibuat pemerintah, yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2021 dan PP Nomor 8 Tahun 2021.

Secara garis besar, PP Nomor 7 Tahun 2021 merupakan aturan yang berisi tentang kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan koperasi, kemudahan, dan pemberdayaan UMKM.

Sementara itu, PP Nomor 8 Tahun 2021 berisi mengenai modal dasar perseroan serta pendaftaran pendirian, perubahan, dan pembubaran perseroan yang memenuhi kriteria untuk usaha mikro dan kecil.

Baca juga: Pentingnya Asuransi Mikro untuk Pelaku UMKM

"Aturan-aturan itu akan membantu pengembangan UMKM. Terutama untuk melakukan standarisasi, legalisasi, hingga sertifikasi, sehingga bisa ikut menyukseskan agenda penanaman modal,” tutur Danang.

Selain bantuan kemudahan pembuatan usaha, untuk dapat melibatkan pelaku UMKM dalam hilirisasi, pemerintah menilai pentingnya peningkatan kualias sumber daya manusia (SDM).

"Jadi bukan hanya transformasi ekonomi, tapi SDM yang ada harus sudah siap melakukan transformasi," ucap Danang.

Baca juga: KKP Tangkap Kapal Illegal Fishing Berbendera Filipina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com