Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNI Bidik Pertumbuhan Kredit Hingga 9 Persen Tahun Ini

Kompas.com - 18/10/2023, 21:11 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) menargetkan pertumbuhan kredit sebesar 9 persen hingga akhir tahun 2023. 

"Kami optimistis kredit dapat tumbuh sesuai target pertumbuhan kredit Perseroan sebesar 7 persen hingga 9 persen di akhir tahun 2023," kata Direktur Human Capital and Compliance Mucharom di Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Per Agustus 2023, BNI mencatatkan pertumbuhan kredit 8,8 persen Year on Year (YoY). Adapun pertumbuhan kredit terbesar terdapat pada segmen korporasi dan segmen konsumer.

Baca juga: 7 Jenis Kartu ATM BNI, Limit, dan Biaya Admin per Bulannya

"Pertumbuhan kredit segmen ini terbesar pada jenis kredit modal kerja," lanjut dia.

Untuk mendorong optimalisasi kredit di sisa 2023, BNI menerapkan sejumlah strategi. Strategi tersebut mencakup, fokus pada pada segmen korporasi, ekspansi bisnis, hingga optimalisasi produk.

"Strategi yang dilakukan untuk mendorong pertumbuhan kredit BNI di antaranya dengan tetap fokus menyasar korporasi blue chip dan regional champion," jelas dia.

"BNI juga melakukan optimalisasi produk melalui supply chain dan value chain, serta fokus ekspansi pada sektor prospektif," tambah dia.

Mucharom menilai, ada beberapa tren positif yang tetap terjaga hingga semester II-2023 mendorong pertumbuhan ekonomi serta memberikan multiplier effect. Ini membuktikan segmen wholesale BNI masih kuat.

"Kami pun melihat beberapa tren positif tetap terjaga di semester kedua tahun ini, mulai dari peningkatan belanja masyarakat dan pemerintah yang tentunya akan memberi multiplier effect positif pada perekonomian nasional serta segmen wholesale BNI yang masih kuat," tegas dia.

Baca juga: BI: Penyaluran Kredit Baru Kian Melesat di September 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com