Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantuan Pangan Beras Diperpanjang, Pemerintah Pastikan Stok CBP Aman

Kompas.com - 26/10/2023, 20:00 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah memutuskan memperpanjangan bantuan pangan beras bagi masyarakat berpendapatan rendah.

Bantuan beras tersebut disalurkan dari stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikelola oleh Perum Bulog sesuai penugasan dari Badan Pangan Nasional.

Ihwal itu, Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, pihaknya bersama Bulog memastikan stok CBP dalam kondisi yang cukup dan aman meskipun bantuan pangan tersebut dilanjut.

"Masyarakat khususnya 20.622 juta KPM di seluruh Indonesia tentunya sangat membutuhkan adanya bantuan ini, karena sangat membantu meringankan beban dan memenuhi kebutuhan pokok yaitu beras. Sesuai arahan Bapak Presiden, perpanjangan hingga Desember 2023 kita harapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, dan untuk menjaga daya beli masyarakat sehingga berdampak pada terkendalinya inflasi," ujar Arief seusai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) kunjungan kerja meninjau Gudang Bulog Sukamaju di Palembang, Sumatera Selatan, dikutip dari siaran persnya, Kamis (26/10/2023).

Baca juga: Menipis, Bulog Sebut Stok Cadangan Beras Pemerintah Tinggal 230.000 Ton

Arief mengungkapkan, per 23 Oktober 2023, stok beras Bulog aman di 1,5 juta ton. Kemudian untuk realisasi penyaluran Bansos pangan hingga saat ini telah mencapai 400.000 ton atau 65 persen dari total target sebesar 640.000 ton.

Khusus untuk Sumatera Selatan, realisasi bantuan pangan pada tahap kedua mencapai 11.345 ton telah tersalurkan atau 69,07 persen dari total alokasi Sumsel sebesar 16.426 ton.

Adapun jumlah stok beras yg tersimpan di gudang BULOG Kanwil Sumsel & Babel keseluruhan mencapai 23.200 ton. "Jadi stoknya aman, secured 1,5 juta ton," kata dia.

Baca juga: Bulog Simpan 680.000 Ton Cadangan Beras Pemerintah


Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,67 triliun yang dialokasikan untuk perpanjangan bantuan pangan beras pada Desember 2023 mendatang.

Perpanjangan bansos pangan ini untuk kelanjutan penyaluran dari September, Oktober, November yang kemudian dilanjutkan ke Desember 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com