Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan Potensi Pengguna "E-commerce", PergiLagi Tambah Fitur Baru

Kompas.com - 06/11/2023, 10:14 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemudahan yang banyak diperoleh dari transaksi jual beli online melalui e-commerce terus mendorong peningkatan jumlah pengguna.

Data Statista Market Insights mencatat, pengguna e-commerce di Indonesia diproyeksikan akan terus mengalami peningkatan hingga mencapai 196,47 juta pengguna hingga akhir 2023.

Pada 2022, jumlah pengguna e-commerce di Indonesia mencapai 178,94 juta orang. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 12,79 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebanyak 158,65 juta pengguna.

Baca juga: Telkom Kirim Lulusan SMA ke China untuk Pelajari E-commerce

Ilustrasi penerbangan, tiket pesawat.SHUTTERSTOCK/ANDREW ANGELOV Ilustrasi penerbangan, tiket pesawat.

Direktur PT Global Payment Indonesia Adi Cahyo Samodra mengungkapkan, PergiLagi yang merupakan aplikasi untuk topup produk digital dan pemesanan tiket di bawah naungan PT Global Payment Indonesia, kini meluncurkan fitur terbarunya yaitu fitur e-commerce yang menawarkan berbagai produk.

"Dengan pertumbuhan konstan e-commerce, aplikasi seperti PergiLagi membuka peluang baru untuk berbelanja lebih cerdas, dengan beragam produk, penawaran grosir, kemudahan penggunaan, keamanan transaksi, dan pengiriman cepat,” kata Adi dalam siaran pers, Senin (6/11/2023).

Adi mengatakan, e-commerce yang merupakan transaksi jual-beli yang dilakukan berbasis online dengan menggunakan media elektronik, kini kian digemari oleh masyarakat di Indonesia.

Dia menilai, tren kenaikan jumlah pengguna e-commerce ini diprediksi masih akan terus terjadi hingga empat tahun ke depan.

 

Baca juga: Kemendag: Facebook, Instagram dan WhatsApp Ajukan Izin Social Commerce, Bukan E-Commerce

Statista juga memperkirakan bahwa jumlah pengguna e-commerce di dalam negeri mencapai 244,67 juta orang pada tahun 2027 mendatang.

Di sisi lain, Bank Indonesia (BI) melaporkan, nilai transaksi e-commerce di Indonesia sebesar Rp 476,3 triliun pada 2022. Nilai itu didapatkan dari 3,49 miliar transaksi di e-commerce sepanjang tahun lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com