Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR Soroti Realisasi Anggaran Kemenhub Masih Rendah, Menhub Ungkap Penyebabnya

Kompas.com - 07/11/2023, 21:07 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Realisasi anggaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hingga 6 November 2023 telah mencapai Rp 24,76 triliun atau 68,63 persen dari total pagu anggaran tahun 2023 yang sebesar Rp 36,08 triliun.

Anggota Komisi V DPR Ali Mufthi menyoroti realisasi anggaran Kemenhub yang baru 68,63 persen sementara tahun 2023 akan berakhir kurang dari dua bulan lagi.

"Kenapa Kemenhub sampai 6 November 2023 masih realisasi 68 persen? Ada uang Rp 12 triliun sampai hari ini itu yang belum diwujudkan di dalam action di kementerian ini. Ini sebenernya ada apa? Ingat kita ini sudah mau Desember masih ada uang Rp 12 triliun lebih di kementerian ini yang belum diwujudkan," ujar Ali saat rapat kerja antara Komisi V dengan Kemenhub di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Baca juga: INACA Usulkan TBA Tiket Pesawat Dihapus, Kemenhub Pertimbangkan Daya Beli

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam acara Kompas100 CEO Forum ke-14 di Novotel Balikpapan pada Rabu (1/11/2023).Tangkapan layar Kanal YouTube Harian Kompas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam acara Kompas100 CEO Forum ke-14 di Novotel Balikpapan pada Rabu (1/11/2023).

Ali mempertanyakan apakah Kemenhub mengalami kendala dalam menyalurkan anggarannya sehingga realisasinya masih rendah.

Sebab dia khawatir akan ada banyak program di sektor perhubungan yang telah digagas Kemenhub untuk tahun ini tidak terealisasi, terutama di daerah-daerah terpencil.

"Apakah memang uangnya belum ada di Kemenkeu? Apakah lelangnya yang belum efektif? Apakah SDM-nya belum cukup? Apakah ada persoalan-persoalan deviasi di dalam struktur ini sehingga uang Rp 12 triliun belum dilaksanakan untuk kepentingan rakyat Indonesia?" ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, penyerapan anggaran yang rendah itu karena kontrak-kontrak proyek Kemenhub masih menunggu pembayaran.

Baca juga: Operasional LRT Jabodebek Tak Optimal, Ini Temuan Kemenhub

Pembayaran kontrak-kontrak tersebut akan segera diselesaikan di akhir tahun 2023 sehingga Menhub yakin realisasi anggaran 2023 akan sama dengan realisasi tahun sebelumnya, yaitu 98,02 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com