Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub Dibuka, Simak Cara Daftarnya

Kompas.com - 05/12/2023, 08:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka pendaftaran mudik gratis bagi pengguna sepeda motor selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Adapun pendaftaran mudik gratis dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub ini dilakukan secara online melalui aplikasi Mitra Darat selama 5-20 Desember 2023.

Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Suharto mengatakan, kuota mudik gratis darat ini disiapkan sebanyak 3.600 penumpang dan 120 unit sepeda motor.

Baca juga: Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Mudik dan Balik Nataru 2023/2024 Akan Terjadi 2 Kali

Nantinya, peserta mudik gratis akan diangkut dengan 90 unit bus AKAP dan parwisata sedangkan sepeda motor para peserta akan diangkut menggunakan 4 unit truk.

"Sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, maka kami akan menyelenggarakan Mudik Gratis di libur Nataru ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (4/12/2023).

Suharto menambahkan, untuk keberangkatan sepeda motor dengan truk rencananya dilakukan pada Jumat (22/12/2023) dari Terminal Tipe A Pondok Cabe.

Sementara pelepasan mudik gratis bagi penumpang akan dilaksanakan pada Sabtu (23/12/2023) dari Terminal Kampung Rambutan DKI Jakarta dan Terminal Terpadu Pulo Gebang.

"63 bus akan diberangkatkan dari Terminal Pulo Gebang (dengan kuota 2.520 penumpang) dan Terminal Kampung Rambutan 27 bus (dengan kuota 1.080 penumpang)," ucapnya.

Adapun kota tujuan dengan masing-masing unit berkapasitas 40 orang, yang disiapkan yakni Jakarta-Solo, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Wonosobo, Jakarta-Semarang, Jakarta-Wonogiri, Jakarta-Cilacap, Jakarta-Putwokerto, Jakarta-Malang, Jakarta-Kediri, dan Jakarta-Madiun. Selain itu, Kemenhub juga menyediakan 1 unit bus disabilitas dengan kapasitas 40 orang.

Sementara untuk angkutan sepeda motor, kota tujuannya hanya tersedia 2 rute yaitu Jakarta-Solo dan Jakarta-Yogyakarta.


Cara daftar mudik gratis Kemenhub

Pendaftaran mudik gratis Kemenhub ini hanya bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Mitra Darat.

Oleh karenanya, bagi masyarakat yang belum memiliki aplikasi Mitra Darat dapat mengunduh aplikasi tersebut di Play Store atau App Store.

Setelah mengunduh aplikasi Mitra Darat, masyarakat dapat melakukan pendaftaran sesuai langkah-langkah yang diarahkan dari aplikasi tersebut.

Kemudian bagi masyarakat yang telah melakukan pendaftaran online wajib melakukan verifikasi di kantor pusat Kemenhub dan GOR Bulungan Blok M untuk wilayah Jakarta atau Terminal Pondok Cabe untuk wilayah Tangerang Selatan.

Sebagai informasi, program mudik gratis Nataru ini diselenggarakan Ditjen Darat Kemenhub untuk meningkatkan keselamatan dan kelancaran selama perjalanan mudik Nataru yang akan berlangsung mulai 20 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024.

Baca juga: Tak Ada Diskon Tarif Tof Selama Nataru, Ini Alasan Jasa Marga

Sebab, mayoritas masyarakat akan menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor. Sementara berkendara jarak jauh menggunakan sepeda motor berpotensi tinggi mengalami kecelakaan di jalan.

Adapun berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kemenhub prediksi masyarakat yang akan bepergian mencapai 107,63 juta atau 39,83 persen dari total populasi nasional.

Dari jumlah tersebut, diperoleh angka bahwa 35,57 persen atau 39,97 juta pergerakan masyarakat akan menggunakan mobil dan 17,92 persen atau 20,14 juta mengendarai sepeda motor.

Baca juga: Kemenhub Sediakan Bus dan Truk untuk Mudik Gratis Nataru, Ini Lokasi dan Kota Tujuannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com