Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMA Raih Pembiayaan Sindikasi 750 Juta Dollar AS dari BNI

Kompas.com - 03/01/2024, 12:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten pertambangan PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) mengumumkan fasilitas pembiayaan penjaminan sebesar 750 juta dollar AS dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Fasilitas pembiayaan ini berlangsung selama 69 bulan, berakhir pada tahun 2029.

Fasilitas ini memainkan peran strategis dalam pengelolaan keuangan BUMA, memungkinkan upaya refinancing dan mendukung inisiatif pertumbuhan.

Baca juga: BUMA Tegaskan Komitmen ESG di Industri Pertambangan

Ilustrasi pertambangan. SHUTTERSTOCK/SALIENKO EVGENII Ilustrasi pertambangan.

Selain itu, fasilitas ini juga memperkuat BUMA agar dapat mempertahankan pertumbuhan dan keunggulan operasionalnya dengan menyediakan modal yang diperlukan untuk memajukan proyek-proyek utama dan mengejar potensi akuisisi, sejalan dengan tujuan strategis perusahaan.

Indra Kanoena, Presiden Direktur BUMA menyatakan, pembiayaan ini menunjukkan kepercayaan BNI terhadap posisi perseroan yang kuat dan kemampuan akuisisi strategis perseroan.

"Kami bersyukur atas kemitraan ini, yang menawarkan syarat-syarat keuangan yang kompetitif dan menegaskan status kami sebagai kontraktor pertambangan utama internasional," kata Indra dalam keterangan tertulis, Rabu (3/1/2024).

Menurut Indra, pembiayaan ini akan digunakan secara strategis untuk meningkatkan operasional perusahaan dan mendorong rencana pertumbuhan, memberikan kontribusi signifikan terhadap komitmen keunggulan operasional dan pertumbuhan berkelanjutan.

Baca juga: Penerapan B35 untuk Industri Pertambangan Butuh Edukasi Lebih Lanjut

Adapun Ditya Maharhani Harninda, Senior Vice President Corporate Banking 2 BNI menyatakan, kemitraan ini selaras dengan strategi perseroan untuk mendukung perusahaan-perusahaan terkemuka seperti BUMA.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com