Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mau Masuk IKN Harus Tunggu OJK, Salah Satunya BCA

Kompas.com - 17/01/2024, 12:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebut perbankan akan mulai masuk ke IKN, Kalimantan Timur bersamaan atau setelah groundbreaking kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono mengatakan, salah satu perbankan yang akan membangun kantor di IKN ialah PT Bank Central Asia Tbk atau BCA yang merupakan bagian dari Djarum Group.

"Kalau Djarum Group yang BCA, tadi saya sampaikan besok (Rabu, 17/1/2024) adalah LPS dan selanjutnya akan ada yang namanya OJK. Jadi saya rasa perbankan itu nanti akan masuk bersamaan atau setelah OJK," ujarnya saat media briefing virtual, Selasa (16/1/2024).

Baca juga: Target Investasi 2023 di IKN Tidak Tercapai, OIKN Ungkap Penyebabnya

Kendati demikian, dia belum dapat memastikan kapan tepatnya BCA dan bank lainnya akan masuk ke IKN lantaran rencana groundbreaking kantor OJK di IKN juga masih dalam proses.

Namun yang jelas, groundbreaking pembangunan kantor OJK perlu lebih dulu dilakukan sebelum perbankan ada di IKN lantaran OJK berfungsi menjadi regulator di sektor jasa keuangan.

"OJK penting untuk hadir (lebih dulu) untuk meregulasi sektor keuangan di kawasan IKN dan bank-bank seperti BCA dan bank-bank lainnya tentu harus masuk setelah atau bersamaan dengan OJK," jelasnya.

Baca juga: Tak Hengkang dari IKN, Djarum dan Wings Group Akan Bangun Botanical Garden

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meletakkan batu pertama (groundbreaking) untuk pembangunan kantor pusat BI di IKN.

Pembangunan komplek perkantoran BI di IKN untuk mendukung kepentingan perekonomian nasional. Dengan operasional BI di IKN yang lebih dekat dengan pemerintah dan lembaga lain, BI sebagai bagian dari kebijakan ekonomi nasional akan lebih mudah dan optimal dalam bersinergi dan koordinasi.

Ini juga terkait dalam BI menjalankan tugas di bidang moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran untuk mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Baca juga: Konsorsium Brunei Minat Bangun Hunian di IKN, Nilainya Rp 7 Triliun

Kemudian pada hari ini, Rabu (17/1/2024), rencananya akan dilakukan groundbreaking tahap 4 di IKN dimana salah satunya ada proyek kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Menyusul BI dan LPS, groundbreaking kantor OJK juga akan dilakukan pada groundbreaking selanjutnya. Dengan demikian tiga otoritas lembaga jasa keuangan akan hadir di IKN untuk mendukung sektor perbankan.

Baca juga: 28 Proyek IKN Ditargetkan Rampung Juni 2024, Ini Daftarnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com